Sebelum Pengumuman Kelulusan PPPK Guru, Komisi X Minta Nadiem Lakukan Ini

Sebelum Pengumuman Kelulusan PPPK Guru, Komisi X Minta Nadiem Lakukan Ini
Ketua Komisi X Syaiful Huda meminta Menteri Nadiem melaporkan perkembangan pengumuman kelulusan PPPK Guru 2021 sebelum diumumkan ke publik. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengumuman kelulusan PPPK guru tahap I sudah diputuskan bakal dilakukan pemerintah pada 8 Oktober 2021 mendatang.

Rencananya, pengumuman kelulusan PPPK Guru itu akan disampaikan oleh Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana dan Mendikbudristek Nadiem Makarim, Jumat (8/10) pukul 09.00 sampai 10.00 WIB secara live di YouTube Kemendikbudristek.

Keputusan pemerintah tersebut mendapat respons positif dari Komisi X DPR RI.

Ketua Komisi X Syaiful Huda mendukung penuh rencana itu dengan catatan apa yang sudah disepakati Mendikbud Nadiem dalam rapat kerja di komisi bidang pendidikan itu diperhatikan pemerintah.

"Prinsipnya kami sudah mandatkan sebagaimana hasil raker 23 September. Yang intinya adalah peningkatan afirmasi kompetensi teknis," kata Syaiful kepada JPNN.com, Senin (4/10).

Dia menegaskan Komisi X DPR hanya meminta peningkatan afirmasi kompetensi teknis, bukan kompetensi manajerial, sosiokultural, dan wawancara.

Dasar pertimbangan peningkatan afirmasi itu karena melihat hasil tes PPPK guru tahap I banyak yang tidak memenuhi passing grade kompetensi teknis.

"Sebagian besar guru honorer tidak mencapai passing grade kompetensi teknis. Itu sebabnya kami meminta diberikan tambahan afirmasi," tegasnya.

Komisi X DPR RI meminta Menteri Nadiem melaporkan hasil pembahasan dengan Panselnas sebelum pengumuman kelulusan PPPK guru tahap I.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News