Seberapa Lama Vaksin COVID-19 Akan Memberikan Perlindungan Bagi Tubuh?

Seberapa Lama Vaksin COVID-19 Akan Memberikan Perlindungan Bagi Tubuh?
Secara global sekarang tingkat vaksinasi sekarang sudah mencapai angka 6,5 miliar dosis. (Getty Images: Lisa Maree Williams)

Vaksin COVID-19 sudah bekerja dengan baik dalam menghindari sakit yang lebih serius akibat virus corona dan menekan jumlah kematian. 

Namun beberapa penelitian menunjukkan tingkat perlindungan terhadap infeksi penyakit menurun seiring berjalannya waktu.

Menurut Kylie Quinn, peneliti masalah vaksin dari RMIT University di Melbourne, saat ini masih sulit untuk memastikan seberapa besar angka penurunannya.

"Kami sedang dalam proses transisi dari penelitian yang bersifat acak dengan sampel kecil ke penelitian dengan pengukuran pasti," kata Dr Quinn.

Bagi para peneliti, kesulitan yang ada sekarang ini adalah melihat berapa banyak akibat penurunan kekebalan, berapa banyak yang terkait varian Delta, apa pengaruh dari pelonggaran pergerakan warga, serta kerentanan dari mereka yang pertama kali mendapatkan vaksin.

"Saya kira yang jelas bahwa varian Delta ini lebih sulit dikendalikan oleh vaksin yang ada," kata Dr Quinn. 

"Namun kita mulai melihat data yang lebih jelas, memang ada masalah pada menurunnya tingkat perlindungan yang ada dari vaksin."

Bukti tingkat perlindungan vaksin akan menurun

Untuk meneliti seberapa besar perlindungan dari vaksin COVID-19, peneliti Inggris baru-baru ini meneliti sekitar 350 ribu hasil tes yang diambil dari survei yang dilakukan antara bulan Mei dan Agustus tahun ini, ketika varian Delta mulai mendominasi.

Vaksin COVID-19 sudah bekerja dengan baik dalam menghindari sakit yang lebih serius akibat virus corona dan menekan jumlah kematian

Sumber ABC Indonesia