JPNN.com

Seedorf Masuk Bursa Pelatih Brasil

Jumat, 18 Juli 2014 – 04:16 WIB
Seedorf Masuk Bursa Pelatih Brasil - JPNN.com
Clarence Seedorf. Getty images

RIO DE JANEIRO - Sampai dengan empat tahun silam, skenario ini memang tak pernah terlintas: tim nasional Brasil ditangani pelatih non-Brasil.

Bagaimana mungkin negeri juara dunia lima kali sekaligus pengekspor pemain terbanyak malah harus mencari tenaga asing?

Tapi, kegagalan memalukan di Piala Dunia 2014 seperti membuka banyak mata di Brasil: ada yang salah dengan pengelolaan sepak bola di negara tersebut. Pembenahan jelas butuh waktu, padahal Brasil sesegera mungkin membutuhkan sosok yang bisa membangkitkan lagi Selecao, sebutan Brasil, untuk menggantikan Luiz Felipe Scolari. Sebab, tahun depan mereka sudah harus bertempur di Copa America di Cile.

Karena itulah, seperti dilansir AFP kemarin, di luar dua kandidat domestik, Tite dan Muricy Ramalho, mulai dipertimbangkan pula calon pelatih non Brasil. Persisnya dari Eropa karena toh mayoritas penggawa Selecao merumput di Benua Biru tersebut.

Salah satu nama yang mengemuka adalah Clarence Seedorf. Seedorf memang gagal bersinar saat menangani AC Milan selama setengah musim di musim lalu.

Tapi, mantan bintang Belanda tersebut memiliki pengalaman merumput di Brasil bersama Botafogo di pengujung karir sebagai pemain. Dia juga fasih berbahasa Portugis.

Sebenarnya, dua tahun silam, sempat muncul pula kabar kalau Brasil mengincar Pep Guardiola yang ketika itu masih menganggur. Tapi, nama Pep yang kini menangani Bayern Muenchen akhirnya tenggelam karena kuatnya resistensi.

Scolari dan seluruh staf kepelatihannya resmi mengundurkan diri Senin lalu (14/7). Pelatih yang mengantarkan Brasil juara di Piala Dunia 2002 itu hanya bisa mengantarkan Selecao ke semifinal sebelum dihajar Jerman 1-7 dan dibekuk Belanda 0-3 di perebutan posisi ketiga.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...