Segera Hadir! Forum Solo Raya Demi Pengembangan Pariwisata

Segera Hadir! Forum Solo Raya Demi Pengembangan Pariwisata
Wonderful Indoenesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com, SOLO - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Asia Tenggara (Asteng) di Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, 31 Mei-1Juni 2017. Hasilnya, akan dibentuk forum Solo Raya yang akan membahas secara intensif pengembangan pariwisata di Solo.

"Kami bersyukur pascaacara ini akan segera terbentuk Forum Solo Raya yang anggotanya terdiri dari anggota DPR, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten, komunitas, serta pelaku pariwisata yang ada di Solo," ujar Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana yang juga diamini Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Rizki Handayani.

Forum ini nantinya akan menyatukan visi dan misi serta pemahaman mitra tentang kegiatan promosi luar negeri terutama Asia Tenggara. "Segera forum ini akan dibentuk dan action," tambah Rizki Handayani.

Dalam Bimtek yang dilakukan selama dua hari itu, hadir pula anggota DPR RI Komisi X Laila Istiana yang memberikan paparan mengenai potensi pengembangan pariwisata di Soloraya. Dia menjelaskan, pentingnya promosi destinasi di berbagai media promosi termasuk sosial media, yang kini tengah digencarkan, menjadi faktor utama untuk mendatangkan wisatawan ke Solo.

“Yang terpenting dari upaya promosi adalah penyiapan destinasi. Jangan sampai wisatawan hanya belanja saja karena tidak tahu destinasi lain di Soloraya dan akses jalan harus diperbaiki. Jangan lupa pastikan untuk ajak wisatawan posting selama kunjungan di sosmed mereka masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, Laila menjelaskan, jika destinasi wisata di Solo sangat potensial mendatangkan wisatawan mancanegara. Pentingnya pemahaman steakeholder tentang kegiatan promosi pariwisata ke luar negeri menjadi salah satu key success factor.

“Potensi Solo Raya itu banyak sekali seperti kuliner, batik, wisata alam, Sangiran dan ada Dayu. Agar kita berjalan berirama tidak ada salahnya para pelaku wisata, stakeholder dikumpulkan untuk membahas promosi yang berkelanjutan, seperti acara hari ini dan rencana lahirnya Forum Solo Raya,"tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, pentingnya kegiatan familiarization trip untuk bisa mengundang secara langsung travel agent atau tour operator, untuk bisa menikmati destinasi alam, kuliner dan budaya, sehingga bisa membuat paket-paket menarik yang nantinya ditawarkan di negaranya.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Asia Tenggara (Asteng) di Sunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News