Segera Pastikan Lahan Rusunawa Pasar Minggu!

Segera Pastikan Lahan Rusunawa Pasar Minggu!
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian PUPR mendesak PD Pasar Jaya segera memastikan kesiapan lahan yang akan diperuntukkan sebagai lokasi pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Tingkat Tinggi Pasar Minggu di Jakarta Selatan.

Pasalnya, hingga saat ini pihaknya belum melihat keseriusan PD Pasar Jaya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan Rusunawa yang menjadi salah satu proyek strategis nasional untuk menyediakan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di perkotaan.

“Kami minta kepastian lahan dari PD Pasar Jaya untuk lokasi pembangunan Rusunawa Pasar Minggu. Sebab, sampai saat ini seluruh lokasi di Pasar Minggu belum dibebaskan sehingga proses pembangunan belum bisa berjalan,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin di Jakarta, Rabu (8/2).

Syarif menjelaskan, Rusunawa Pasar Minggu rencananya akan dibangun sebanyak tiga tower dengan ketinggian bervariasi yakni dua tower setinggi 23 lantai dan satu tower setinggi 17 lantai.

Luas total bangunan Rusunawa adalah 100.973 meter persegi dan diperkirakan jumlah huniannya mencapai 1.274 unit dan dapat menampung 5.096 jiwa.

Berdasarkan data yang ada, pembangunan Rusunawa Pasar Minggu tersebut sedianya akan dilaksanakan oleh Satker Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan di area Pasar Minggu yang berlokasi Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Untuk itu, pihaknya juga telah melakukan lelang terhadap proyek strategis nasional tersebut.

Berdasarkan hasil lelang LPSE diketahui bahwa pemenang tender sebagai penyedia jasa kontruksi hunian vertikal tersebut adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk. ‎(esy/jpnn)

Kementerian PUPR mendesak PD Pasar Jaya segera memastikan kesiapan lahan yang akan diperuntukkan sebagai lokasi pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News