Sehat dengan Obat Herbal

Sehat dengan Obat Herbal
Sehat dengan Medis Berbasis Herbal

jpnn.com - JAKARTA - Paradigma pengobatan kini mulai bergeser. Di negara-negara maju, obat herbal yang merupakan produk alami sudah diterima sebagai alternatif untuk mengobati penyakit.

Di Indonesia, manfaat obat-obatan berbahan dasar herbal untuk mengatasai masalah kesehatan sudah dikenal sejak lama. Itu dibuktikan dengan budaya minum jamu.

Makanya, pemanfaatan jamu dan obat herbal ini harus didukung dan dikembangkan dengan bukti ilmiah. "Kami memiliki komitmen dan mendukung pemerintah dengan obat herbal ini. SOHO akan mengembangkan produk natural, suplemen kesehatan dan meng-ekplore bahan-bahan alami," kata Presiden Direktur & CEO SOHO Global Health, Rogelio C. la O’Jr di Jakarta, Kamis (4/12).

Bentuk dukungan perusahaan obat itu diwujudkan dalam kegiatan saintifikasi jamu yang digelar 5-10 Desember 2014 di Gedung Diklat IPTEK dan Jamu Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu, Solo Jawa Tengah. Pelatihan ini diikuti oleh 30 dokter medis dari berbagai daerah.

"Kami berharap para dokter dan apoteker dapat memiliki pengetahuan serta keterampilan yang baik mengenai penggunaan bahan herbal untuk dimanfaatkan demi pelayanan kesehatan masyarakat yang baik," kata VP Sales &  Marketing for Profesional Product SOHO Global Health, Sugihorajo.

Saintifikasi jamu merupakan penelitian jamu serta produk kesehatan berbahan herbal berdasarkan pada pelayanan dalam upaya memperoleh bukti ilmiah atas manfaat dalam menjaga dan memelihara kesehatan. Termasuk mengobati penyakit berdasarkan kaidah ilmiah serta etika.

Dalam pelatihan, materi yang diajarkan kepada peserta mencakup medikoetikolegal, metodologi penelitian, farmakodinamik, diagnostik holistik, serta praktek lapangan di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus dan kebun tanaman obat B2P2TOOT yang memiliki 1100 spesies tanaman.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengatakan perlu adanya jejaring dokter yang bisa melakukan penelitian berbasis pelayanan kesehatan sehingga menghasilkan evidence based medicine bagi jamu.

JAKARTA - Paradigma pengobatan kini mulai bergeser. Di negara-negara maju, obat herbal yang merupakan produk alami sudah diterima sebagai alternatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News