JPNN.com

Sehatkah Suka Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain?

Senin, 06 April 2020 – 04:22 WIB Sehatkah Suka Membandingkan Hubungan Kita dengan Orang Lain? - JPNN.com
Pacaran. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - Terkadang tanpa kita sadari pernah membandingkan hubungan dengan orang lain. Misalnya, sahabat Anda mungkin lebih sering menerima hadiah dari pasangannya dibandingkan Anda, sehingga mereka terlihat sangat menyenangkan dan Anda tidak. 

Lalu apakah menandingkan hubungan asmara Anda dengan orang lain itu normal? 

Alasan orang suka membandingkan hubungan asmara dengan orang lain

Pada dasarnya, perbandingan dalam ruang lingkup sosial membantu Anda memahami diri sendiri.

Hal ini juga sering terjadi pada hubungan asmara agar Anda lebih memahami hubungan Anda dengan pasangan, apakah Anda bahagia atau tidak. Dengan melihat hubungan orang lain, Anda mungkin akan menemukan hal-hal positif yang memperkuat hubungan Anda sendiri.

Akan tetapi, tidak jarang perilaku ini justru cenderung menemukan sisi negatif dan membuat hubungan Anda menjadi lemah. 

Menurut sebuah jurnal yang membahas tentang perbandingan hubungan orang lain pada laman Facebook, ada tiga kategori yang membagi jenis perbandingan hubungan, yaitu: 

  1. Perbandingan hubungan orang lain yang lebih positif, seperti Anda melihat orang lain terlihat sangat bahagia dalam hubungannya dan Anda berusaha untuk menjadi seperti itu. 
  2. Merasa hubungan Anda lebih baik, seperti Anda merasa hubungan Anda lebih seru dan menarik dibandingkan hubungan asmara teman Anda. 
  3. Perbandingan hubungan yang negatif, seperti Anda merasa bahwa pasangan yang lain lebih saling mencintai dibandingkan hubungan Anda. 

Jika Anda termasuk dalam perbandingan yang positif, mungkin membandingkan hubungan dapat berdampak baik pada Anda dan pasangan untuk membuat hubungan ini langgeng.

Sumber HelloSehat

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy