Sejak Digitalisasi E-Ticketing ASDP 1,6 Juta Pelanggan jadi Pengguna Aktif Ferizy

Sejak Digitalisasi E-Ticketing ASDP 1,6 Juta Pelanggan jadi Pengguna Aktif Ferizy
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengebut transformasi digital dalam layanan tiket penyeberangan melalui penerapan e-ticketing Ferizy. Foto: dok ASDP

jpnn.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengebut transformasi digital dalam layanan tiket penyeberangan melalui penerapan e-ticketing Ferizy.

Direktur Keuangan, Teknologi Informasi, dan Manajemen Risiko ASDP Djunia Satriawan mengatakan saat ini pengguna Ferizy sudah mencapai lebih dari 1.600.000.

Pelanggan menjadi pengguna aktif Web Reservation dan/ Mobile Application Ferizy dan lebih dari 5.000 mitra Gerai Ritel Ferizy secara nasional.

Hal itu disampaikan Djunia saat audiensi bersama Kementerian Perhubungan RI di kantor pusat ASDP Rabu (20/9).

"Perjalanan ASDP dalam melakukan transformasi digitalisasi e-ticketing ini berawal dari 2018 dan telah didukung sepenuhnya oleh Presiden Joko Widodo. Pada kunjungan angkutan lebaran 2023 lalu, Presiden Jokowi sudah memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif ini dan beliau mengajak seluruh penumpang untuk memanfaatkan sistem e-ticketing Ferizy," ungkap Djunia.

Dia menjelaskan perjalanan digitalisasi online ticketing hingga akhirnya resmi menjadi aplikasi Ferizy ini diawali dengan pre-paid card atau cashless-RFID ticketing pada Agustus 2018.

"Lalu dilanjutkan dengan implementasi E-KTP, Passport, dan Card Reader untuk pengisian data manifest dan kecepatan transaksi pada Juni 2019 hingga akhirnya diluncurkan aplikasi Ferizy pada Mei 2020,” ujarnya.

Djunia menjelaskan fase pertama yaitu digitalisasi e-ticketing perubahan layanan tiket sobek (manual) menjadi tiket digital pada 45 pelabuhan yang terdiri dari 34 pelabuhan milik ASDP dan 11 lainnya milik non-ASDP.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengebut transformasi digital dalam layanan tiket penyeberangan melalui penerapan e-ticketing Ferizy.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News