Sejumlah Pertemuan Senior Officials Awali KTT ASEAN

Bertepatan Pemilu, PM Singapura Tak akan Hadir

Sejumlah Pertemuan Senior Officials Awali KTT ASEAN
BERSIAP - Jubir Kemlu Michael Tene berbicara di hadapan wartawan di Ruang Palapa, Kemlu. Foto: Arsito/JPNN.
JAKARTA - Agenda KTT ASEAN (ASEAN Summit) 2011 yang bakal berlangsung hingga 8 Mei mendatang, sudah dimulai hari ini, Rabu (4/5), yang dipusatkan di Jakarta Convention Center (JCC). Meski pembukaan secara resmi sendiri baru bakal berlangsung pada Sabtu (7/5), seiring dengan jadwal pertemuan tingkat kepala negara se-ASEAN, namun sejumlah agenda pertemuan lainnya sudah dijalankan lebih dulu.

Sebagaimana dipaparkan juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Michael Tene, di Ruang Palapa, Kemlu, Rabu (4/5) siang, sejumlah agenda yang tercatat antara lain adalah pertemuan tingkat senior officials untuk bidang-bidang ekonomi, hingga politik dan keamanan, begitu juga dengan tingkat menteri. Sementara di luar itu, ditambahkan Michael, juga ada beberapa agenda pertemuan antara pemerintah negara-negara ASEAN dengan perwakilan kalangan parlemen di kawasan, sampai dengan berjumpa perwakilan civil society.

Dalam kesempatan itu, Michael sekaligus memastikan bahwa para kepala negara/pemerintahan dari (10) anggota ASEAN dipastikan hadir di KTT ini, kecuali PM Singapura. "Perdana Menteri Singapura berhalangan, sehubungan dengan momentum agenda Pemilu yang diselenggarakan di negaranya yang waktunya kebetulan bertepatan. Beliau akan diwakili oleh perwakilan khusus Singapura," tuturnya.

Sementara terkait dengan agenda atau topik pembahasan dalam pertemuan-pertemuan itu sendiri, Michael tidak merinci lebih jauh. Termasuk ketika ditanyakan soal kemungkinan dibahasnya isu-isu besar semacam paska (kabar) tewasnya Osama bin Laden, maupun tentang perompak Somalia. "Saya kira, apa-apa yang sama-sama menjadi ketertarikan (concern) negara-negara ASEAN, itu bisa saja ikut dibicarakan. Itu sifatnya indicative topics, yang bisa saja muncul dalam pertemuan tingkat kepala negara," jelasnya.

JAKARTA - Agenda KTT ASEAN (ASEAN Summit) 2011 yang bakal berlangsung hingga 8 Mei mendatang, sudah dimulai hari ini, Rabu (4/5), yang dipusatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News