Sekjen Kementan: 3 Isu Prioritas Pertanian Diapresasi Semua Anggota G20

Sekjen Kementan: 3 Isu Prioritas Pertanian Diapresasi Semua Anggota G20
Sekretaris Jenderal, Kementerian Pertanian (Kementan) 3 isu prioritas pertanian mendapatkan apresiasi dari semua anggota G20. Foto: Kementan

jpnn.com, YOGYAKARTA - Hari kedua Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Pertanian (Second Agriculture Deputies Meeting/ADM) semua anggota G20 dan perwakilan organisasi internasional mengapresiasi berbagai inisiatif yang disampaikan Indonesia.

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pertanian selaku Chair G20 Agriculture Working Group (AWG) Kasdi Subagyono menyebutkan seluruh anggota G20 mengakui dinamika yang dialami Indonesia saat menjadi Presidensi G20 dalam kondisi yang sulit akibat pandemi covid-19, krisis pangan dan geopolitical tension.

“Seluruh negara anggota G20 yang hadir sangat aware dan sadar terhadap seluruh upaya yang dilakukan Indonesia dalam pertemuan ADM ini," ungkap Kasdi di Yogyakarta, Kamis (28/7)

Dukungan dari anggota G20 juga diberikan terhadap substansi yang diajukan Indonesia melalui 3 isu prioritas pertanian.

“Tiga isu tersebut diapresiasi konten dan isinya oleh para anggota, yang terberat adalah membangun sistem pangan yang tangguh dan berkelanjutan," ujar Kasdi.

Proposal Inisiatif Concrete Deliverables yang ditawarkan oleh Presidensi G20 Indonesia bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dan sektor pertanian bagi negara-negara Small Island Developing States (SIDS) di Pasifik.

"Sebagian besar negara G20 menyambut baik dan mendukung usulan Indonesia serta meminta informasi terkait mekanisme kerja sama lebih lanjut," ujar Kasdi.

Pembahasan usulan draf komunike pada AWG G20 tahun 2022 juga menjadi agenda utama dalam pertemuan tersebut.

Dalam sesi penyusunan (drafting) Komunike Menteri Pertanian G20 berjalan dengan sangat intensif dan produktif.

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pertanian (Kementan) 3 isu prioritas pertanian mendapatkan apresiasi dari semua anggota G20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News