Sekjen OECD Undang Ketua DPD RI ke Paris, Nih Tujuannya

Sekjen OECD Undang Ketua DPD RI ke Paris, Nih Tujuannya
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menerima kunjungan Kepala Staf Organization of Economic Cooperation and Development (OECD) Gabriela Ramos di Kantor DPD RI, Jakarta, Senin (4/11). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Organization of Economic Cooperation and Development (OECD) Gabriela Ramos, Senin (4/11) hari ini menemui Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti di Jakarta untuk membicarakan perlunya peningkatan hubungan organisasinya dengan Indonesia.

Dalam pertemuan di lantai 8 Gedung Nusantara 3 tersebut, Gabriela Ramos mengatakan Sekjen OECD José Ángel Gurría dengan senang hati ingin menerima Ketua DPD RI di Paris guna membicarakan berbagai hal yang bertalian dengan perlunya peningkatan hubungan antara negara-negara anggota OECD dan Indonesia. Hal ini berdasarkan pertimbangan makin besarnya peran dan kapasitas Indonesia dalam hubungan antarbangsa.

Gabriela Ramos mengatakan bahwa pentingnya Indonesia bagi OECD dapat dilihat dari kenyataan bahwa untuk kawasan ini OECD hanya memiliki kantor perwakilan di Jakarta. Kantor OECD di tempat lain hanya ada di China, Amerika Serikat, Jerman dan Meksiko, katanya. Jadi, Indonesia “penting bagi kami,” tukasnya.

Pejabat senior OECD itu juga katakan potensi ekonomi Indonesia sangat besar dan oleh karena itu maka OECD pun memberikan perhatian yang besar terhadap perlunya pertumbuhan ekonomi yang inklusif yang melibatkan sebanyak mungkin masyarakat di berbagai daerah agar dapat memacu terjadinya pemerataan hasil-hasil pembangunan.

Sementara itu, Ketua DPD La Nyalla mengatakan seirama dengan agenda OECD untuk meningkatkan pemerataan maka Indonesia pun memberikan perhatian besar pada peningkatan ekonomi di daerah-daerah dan pengembangan kualitas sumber daya manusia termasuk melalui pendidikan kejuruan yang makin diperluas.

Kepada Kepala Staf organisasi kerja sama ekonomi dan pembangunan tersebut, La Nyalla juga mengimbau agar pelaku ekonomi di negara-negara OECD dapat meningkatkan interaksi bisnis, investasi dan perdagangan dengan pelaku usaha di daerah-daerah di Indonesia, termasuk UMKM, mengingat strategi Otonomi Daerah yang kini dijalankan memungkinkan terjadinya perluasan hubungan demikian.

Secara khusus Ketua DPD RI mengatakan peluang investasi dan perdagangan terbuka lebar di berbagai daerah di Indonesia untuk digarap oleh pebisnis dari negara-negara OECD, termasuk di bidang kemaritiman, pertanian modern, energi, dan industri-industri kreatif.

Dalam rangka itu maka La Nyalla berpesan kepada pimpinan OECD tersebut agar jangan lagi ada hambatan tarif dan hambatan non-tarif yang diberlakukan di negara-negara OECD terhadap produk-produk Indonesia yang masuk ke sana.
Tak lupa pula La Nyalla mengajak para investor dari negara-negara OECD untuk berinvestasi dalam bidang infrastruktur untuk menunjang pembangunan di berbagai daerah di Indonesia.

Gabriela Ramos mengatakan Sekjen OECD José Ángel Gurría dengan senang hati ingin menerima Ketua DPD RI di Paris guna membicarakan berbagai hal yang bertalian dengan perlunya peningkatan hubungan antara negara-negara anggota OECD dan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News