Sektor Riil Jalan karena KUKM

Kontribusi PDB Kalahkan Pengusaha Besar

Sektor Riil Jalan karena KUKM
Sektor Riil Jalan karena KUKM
JAKARTA- Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Sjarif Hasan menyatakan kontribusi produk domestrik bruto (PDB) dari KUKM lebih besar dibanding pelaku usaha skala besar. Tak hanya itu, KUKM juga unggul dalam penyerapan tenaga kerja.

"Sektor riil kita bisa jalan terus karena KUKM. Semua sudah tahu kalau KUKM itu paling tahan saat krisis melanda, sayangnya perbankan masih setengah hati memberikan bantuan kredit pada pelaku usaha KUKM," ungkap Sjarif dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (2/12).

 

Dia menjelaskan, kontribusi KUKM terhadap PDB pada 2008 sebesar Rp2.609,40 triliun atau 55,56 persen dari total PDB menurut harga berlaku, ini meningkat 23,95 persen dibandingkan 2007. Demikian juga untuk sektor ekspor non migas yang mengalami peningkatan 28,49 persen jika dibandingkan 2007.

Untuk penyerapan tenaga kerja, KUKM telah menyerap tenaga kerja 90,89 juta orang atau 97,04 persen dari total angkatan kerja nasional. Angka ini jauh meningkat dibanding 2007 yang hanya 2,43 persen.

JAKARTA- Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Sjarif Hasan menyatakan kontribusi produk domestrik bruto (PDB) dari KUKM lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News