Selama 14 Tahun, Pabrik Botol ini Pakai Gas Bumi PGN

Selama 14 Tahun, Pabrik Botol ini Pakai Gas Bumi PGN
PT Kangar Consolidated Industries (KCI) gunakan gas bumi PGN selama 14 tahun. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Manfaat gas bumi dari Perusahaan Gas Negara (PGN) tampaknya tak perlu diragukan lagi.

Hal itu setidaknya yang dirasakan oleh PT Kangar Consolidated Industries (KCI), yang sudah menggunakan gas bumi dari PGN sejak 14 tahun lalu.

Produsen botol kaca ini merasakan penghematan yang cukup besar dari penggunaan gas bumi.

"Kami jadi pelanggan PGN sejak 2003 sampai sekarang. Awalnya kami menggunakan bahan bakar non gas bumi yang residunya sangat tinggi. Tapi sejak menggunakan gas bumi residu tersebut nyaris tidak ada lagi. Lingkungan menjadi lebih sehat," kata Direktur Keuangan KCI Achmad Arifin di Jakarta, Senin (13/2).

KCI yang beroperasi di Jakarta merupakan salah satu dari 79 pabrik di 21 negara di bawah bendera Owen-Illinois, Inc., yakni salah satu produsen wadah kaca terbesar di dunia.

Pabrik yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur, ini mampu memproduksi 2,3 juta botol tiap harinya untuk beberapa merek produk makanan, minuman, dan farmasi dan sebagian besar diekspor.

"Selain bersih, penggunaan gas bumi juga memberikan penghematan yang cukup signifikan bagi perusahaan. Dan seluruh pabrik OI (Owen-Illinois) pakai gas bumi," ungkap Arifin.

Group Head Business Unit Gas Product PGN Wahyudi Anas menambahkan, industri-industri dalam negeri semakin banyak beralih ke bahan bakar gas bumi.

Manfaat gas bumi dari Perusahaan Gas Negara (PGN) tampaknya tak perlu diragukan lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News