Selama Ramadan, 5.000 Sapi Siap Dipotong

Selama Ramadan, 5.000 Sapi Siap Dipotong
Selama Ramadan, 5.000 Sapi Siap Dipotong

jpnn.com - SUKABUMI - Harga Daging sapi rupanya tidak mau turun. Di Pasar Semi Modern Cibadak, Sukabumi, harganya mencapai Rp 95 ribu per Kilogram (Kg). Meski demikian, peminat daging sapi tak berkurang.

Menurut Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir, selama Ramadan 1435 Hijriah, pihaknya menyediakan sekitar 5.000 ekor sapi impor dan lokal untuk memenuhi permintaan pasar.  
 
Menurut Abdul, dari 5.000 ekor sapi yang disiapkannya ini, mampu memenuhi permintaan pasar khusus warga Kabupaten Sukabumi hingga H+7 Idul Fitri. Ia juga menjamin selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri ketersediaan daging tidak akan kekurangan. Sehingga, masyarakat terlebih para pedagang daging sapi tidak perlu khawatir kelangkaan daging sapi.
 
"Dari 5.000 ekor yang disiapkan sekitar 4.500 ekor merupakan sapi impor yang khusus disediakan dan sisanya merupakan sapi lokal yang dipelihara oleh masyarakat dan peternak tradisional, " kata Abdul seperti diberitakan Radar Sukabumi (Grup JPNN) hari ini.

Meski merasa ragu sapi-sapi ternak masyarakat apakah dijual atau tidak, namun berdasarkan pengalaman di tahun lalu, menjelang Idul Fitri para peternak sapi itu menjual sapi-sapi peliharaannya itu.

"Harganya pun tidak akan melonjak. kalau kenaikan ya mungkin saja terjadi, tetapi tidak akan melambung tinggi," optimisnya.

Ia menambahkan, dengan ketersediaan saapi potong tersebut, jelas harus diimbangi dengan distribusi ke pasaran. Sehingga, tidak terjadi penumpukan sapi di peternakan yang padahal pasar kesulitan daging lantaran terlambat pendistribusian.
 
Untuk mengantisipasi maraknya oknum yang bermain hingga berdampak melambungnya harga daging sapi, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan.
 
Abdul memprediksi, permintaan daging sapi akan melonjak sebelum H-5 Idul Fitri atau mendekati perayaan lebaran lantaran sudah menjadi kebiasaan. "Berdasarkan hasil evaluasi dari tahun ketahun, setiap menjelang lebaran permintaan daging sapi terus melonjak,"  imbuhnya.  (hnd/d)

 


SUKABUMI - Harga Daging sapi rupanya tidak mau turun. Di Pasar Semi Modern Cibadak, Sukabumi, harganya mencapai Rp 95 ribu per Kilogram (Kg). Meski


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News