JPNN.com

Selamat! Inilah Pemenang Sayembara Desain Masjid Agung Jawa Tengah

Jumat, 29 Mei 2020 – 20:41 WIB
Selamat! Inilah Pemenang Sayembara Desain Masjid Agung Jawa Tengah - JPNN.com
Inilah desain yang terpilih di sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Para dewan juri, sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang akhirnya menemukan pemenang utama setelah melalui proses panjang dan perdebatan alot.

Pemenangnya adalah Ade Yuridianto, arsitek asal Bandung dengan kode design MAJT 012 menjadi pemenangnya.

Desain masjid dengan atap berbentuk tajug yang melengkung ke belakang itu berhasil menarik perhatian dewan juri.

Ade berhasil unggul atas dua calon pemenang lain, yakni MAJT 082 asal Malang dengan arsitek atap gunungan (juara 2) dan desain MAJT 062 dari Yogyakarta dengan desain atap joglo terbelah (juara 3).

"Masing-masing finalis memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi penilaian tetap mengacu pada indikator tata bangunan Islami, tata ruang Islami, inovasi bentuk, respect terhadap green architecture, kewajaran konstruksi dan interior Islami," kata ketua tim juri sayembara MAJT Magelang, Prof Totok Roesmanto.

Guru besar arsitek Undip Semarang ini mengatakan, dewan juri cukup alot dalam penentuan pemenang. Mulai penentuan 6 besar, 3 besar hingga penentuan juara 1,2 dan 3.

"Kami berdebat alot untuk penentuan itu, akhirnya disepakati design MAJT 012 adalah pemenangnya," terangnya.

Dari segi keindahan dan fungsi, hampir semua karya menyajikan keunggulan yang sama. Namun, yang menarik dewan juri memilih design dari Ade adalah bentuk atap Tajug yang melengkung ke belakang.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia