Selamat! Kabupaten Ini Tak Tersentuh Covid-19 Selama 3 Bulan

Selamat! Kabupaten Ini Tak Tersentuh Covid-19 Selama 3 Bulan
Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, patut menjadi contoh daerah dengan penegakan protokol kesehatan Covid-19 dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, pemuka adat, dan tokoh agama. Sejak Maret hingga Mei, kabupaten ini menuai prestasi sebagai daerah dengan “Zero Covid-19”.

Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen mengatakan, torehan itu yang membuat Sitaro menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan penghargaan tinggi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari Selasa (13/10) lalu.

Perempuan yang akrab disapa Eva itu mengatakan, sebelum pemerintah mengumumkan secara resmi Covid-19, dirinya sudah menginformasikan kepada seluruh warga di sana untuk memperketat pengawasan di sepuluh pintu masuk pulau. 

"Di setiap pintu ada pemeriksaan ketat. Awal-awal kami tidak menggunakan pelindung karena belum ada APD. Kami gunakan jas hujan sebagai pengganti," ujar Eva dalam talkshow "Zero Covid-19: Penerima Penghargaan BNPB" di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Kamis (15/10).
  
Eva menjelaskan kasus Covid-19 sempat muncul di akhir Mei dan Juni dari satu klaster pasar. Saat itu, dirinya memutuskan menutup pasar untuk dilakukan sterilisasi. 

Untuk pasien positif langsung di-tracing sampai satu kelurahan. Begitu hasilnya reaktif mereka langsung ditampung di rumah singgah. 

Selain membangun rumah singgah, Eva menambahkan pihaknya membentuk tim Gugus Tugas dari tingkat kecamatan, kelurahan, desa, sampai kampung. Tim gugus tugas ini memantau seluruh tamu yang masuk secara ketat.

"Kami bangun rumah singgah di kabupaten, kecamatan, hingga desa semua ada. Setiap orang masuk harus diisolasi 2 minggu sebelum ke tempat tujuan," ujarnya. 

Tokoh adat Kabupaten Kepulauan Sitaro Erland Jaya Salindeho mengatakan, kerja sama masyarakat, budayawan, dan pemerintah daerah sangat maksimal. 

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara mendapat penghargaan dari BNPB karena menjadi salah satu daerah yang aman Covid-19. Kabupaten itu tidak terdapat penyebaran virus Covid-19 selama 3 bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News