Selamat, Provinsi Jateng Borong Penghargaan Antikorupsi dari KPK

Selamat, Provinsi Jateng Borong Penghargaan Antikorupsi dari KPK
Gubernur Ganjar Pranowo di Hari Antikorupsi Sedunia. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Provinsi Jawa Tengah borong penghargaan antikorupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai daerah terbaik pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan pengendalian gratifikasi terbaik se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan saat puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) secara daring, Rabu (16/12) yang dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sejumlah menteri kabinet dan pimpinan lembaga serta kepala daerah.

"Tentu kami senang dan memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota juga teman-teman di Pemprov Jateng atas capaian ini. Ini membuktikan bahwa pengelolaan LHKPN dan gratifikasi makin membaik," kata Ganjar.

Yang membanggakan, dari lima finalis se-Indonesia Jateng dengan urut memborong juara. Di mana Kabupaten Boyolali menjadi juara pertama, disusul Kabupaten Banyumas sebagai juara kedua dan Provinsi Jawa Tengah sebagai juara ketiga. Untuk katagori legislatif daerah DPRD Jateng sabet juara pertama.

"Artinya apa, sekarang unit pengelola gratifikasi di tingkat Kabupaten/Kota kian membaik. menurut saya menjadi satu indikasi bahwa komitmen kepala dan pemerintah daerah di Kabupaten/Kota Jateng juga makin meningkat. Mudah-mudahan ini menjadi tren yang bagus dalam pencegahan korupsi khususnya dalam pengelolaan gratifikasi," jelasnya.

Ganjar juga mengapresiasi capaian DPRD Jateng yang berhasil menjadi terbaik dalam kategori legislatif daerah. Menurutnya, ini sistem yang perlu dikawal agar kedepan menjadi lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan level Kabupaten/Kota, DPRD-nya meniru sistem yang ada di DPRD Provinsi Jateng. Saya senang dan saya ucapkan selamat kepada semuanya," pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang hadir dalam acara tersebut meminta semua lembaga pemerintahan untuk terus meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan menyederhanakan proses pelayanan pada masyarakat.

Pemprov Jateng yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo memperoleh beberapa penghargaan dari KPK di Hari Antikorupsi Dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News