Selamat Ulang Tahun, Semoga Tambah Dewasa, Pusamania

Selamat Ulang Tahun, Semoga Tambah Dewasa, Pusamania
Fans Pusamania FC. Foto: pusamaniafc.com

jpnn.com - SAMARINDA - Pendukung setia Pusamania Borneo FC (PBFC) yang lebih akrab disebut Pusamania, Sabtu (9/4) kemarin, merayakan hari ulang tahunnya.

Ya, suporter terbaik di gelaran Piala Gubernur Kaltim ini genap berusia 22 tahun. Di hari jadinya itu, sejumlah kegiatan akan digelar untuk memperkukuh hubungan persaudaraan sesama Pusamania.

Jika diibaratkan manusia, usia 22 tahun merupakan usia yang sudah mengharuskan untuk bersikap dewasa. Dalam artian, tidak mudah terprovokasi, menyelesaikan masalah dengan otak dan hati, serta tak kalah penting harus mengedepankan tanggung jawab.

Setidaknya, hal itu pula yang sedang diusung oleh Pusamania ke depan. Selama 22 tahun berdiri, selama itu pula Pusamania dihadapkan dengan banyak cobaan. Berganti-gantinya nama klub kesayangan tak membuat mereka goyah. Bahkan, saat ini usia mereka lebih tua 20 tahun dari klub yang mereka dukung. Meski begitu, mereka tetap loyal terhadap tim yang didukung.

Tak bisa dimungkiri, saat ini masih ada beberapa Pusamania yang tetap pro pada klub lama. Namun, sebagai pendukung yang cerdas, seharusnya bisa menerima kenyataan bahwa saat ini klub yang membesarkan nama Samarinda adalah Pesut Etam. Jadi, sudah saatnya seluruh Pusamania mulai move on dari kisah masa lalu.

Hal itu pula yang diungkapkan Presiden Pusamania Tommy Ermanto Pasemah kepada Kaltim Post kemarin (9/4). Ia mengatakan, di usia ke-22 ini sudah seharusnya Pusamania satu suara. “Tidak perlu ada perpecahan, Pusamania bersaudara,” katanya.

Untuk menambah semarak 22 tahun, Tommy telah mengagendakan beberapa kegiatan. Yakni  dengan menggelar berbagai macam lomba yang akan diadakan di Markas Besar (Mabes) Pusamania di kompleks Stadion Segiri Samarinda hari ini.

Malam tadi (9/4), sebagai pembuka, Tommy mengadakan acara syukuran dalam bentuk sederhana. Dihadiri semua korwil Pusamania dari berbagai daerah, acara syukuran berjalan sangat khidmat. Dalam kesempatan itu, Tommy mengajak Pusamania untuk menjadi pendukung yang cerdas, kreatif dan tidak anarkis. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News