Seleksi PPPK 2022 Terbuka untuk Umum, Kuota Guru Lulus PG Amankah?

Seleksi PPPK 2022 Terbuka untuk Umum, Kuota Guru Lulus PG Amankah?
Seleksi PPPK 2022 Terbuka untuk Umum. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK guru 2022 akan kembali dibuka.

Seleksi menjadi aparatur sipil negara (ASN) ini tidak hanya fokus pada guru lulus passing grade (PG) PPPK 2021, tetapi juga untuk pelamar umum.

Menurut Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Alex Denni, pengadaan PPPK guru tahun 2022 diprioritaskan kategori pelamar I, II, dan III.

Pelamar prioritas I, yaitu tenaga honorer K2, guru non-ASN, lulusan pendidikan profesi guru (PPG), dan guru swasta yang memenuhi nilai ambang batas atau PG pada seleksi PPPK 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Sementara itu, pelamar prioritas II adalah honorer K2. Pelamar prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan masa kerja minimal 3 tahun.

"Untuk lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta pelamar yang terdaftar di Dapodik bisa melamar melalui kategori pelamar umum," terang Alex Denni dalam sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 20 Tahu  2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022, Kamis (9/6). 

PermenPAN-RB 20/2022 ini lanjutnya, mempertimbangkan bagaimana pemerintah memenuhi jumlah guru dengan kualitas dan sebaran yang baik.

Pengadaan PPPK 2022 untuk jabatan guru bisa diikuti dua kategori pelamar, yaitu proritas dan umum. Pada pengadaan PPPK guru 2022 terdapat seleksi prioritas yang merupakan aturan baru terkait seleksi kompetensi.

Pemerintah memberikan kesempatan pelamar umum ikut seleksi PPPK 2022, apakah kuota guru lulus PG aman?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News