Semangat Bela Negara Bisa Jadi Modal Mengatasi Krisis Akibat Pandemi

Semangat Bela Negara Bisa Jadi Modal Mengatasi Krisis Akibat Pandemi
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan perilaku disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi merupakan bagian dari semangat bela negara.

Menurut Lestari, mencegah penyebaran coronavirus di lingkungan masing-masing, sama dengan menjaga negara dalam skala lebih luas.

"Semangat bela negara ini merupakan salah satu faktor yang bisa diakselerasi untuk menghadapi resesi ekonomi akibat pandemi," kata Lestari Moerdijat saat  Temu Tokoh Nasional bertema Menghidupkan Kembali Semangat Gotong Royong Dalam Pandemi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (26/10).

Forum yang berlangsung selama dua hari pada Minggu (25/10) dan Senin hari ini dihadiri Rian Firmansyah (Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat II) dan H. Agus Yasmin selaku Ketua Yayasan Mathla’ul Anwar.

Menurut Lestari, disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak merupakan upaya menjaga diri dan keluarga kita dari serangan virus korona.

"Dalam skala lebih luas lagi menjaga keluarga bisa berarti juga menjaga lingkungan dan negara, sehingga langkah itu bisa dimaknai bagian dari bela negara," ucap pimpinan MPR yang akrab disapa dengan panggilan Rerie, yang mengikuti kegiatan itu secara virtual.

Dia menyebutkan, upaya lain yang bisa ditingkatkan untuk menghadapi krisis adalah institusi pemerintah bekerja secara terstruktur dan sistematis untuk menciptakan konsolidasi yang kokoh. Kemudian meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta koordinasi antarpemerintah daerah.

"Dengan memperkuat konsolidasi dan koordinasi semua elemen bangsa, dukungan terhadap kemandirian negara dalam melawan Covid-19 dan resesi ekonomi akan semakin kuat," tegas Legislator Partai NasDem itu.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan disiplin menerapkan protokol kesehatan bagian dari semangat bela negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News