Semarak! Penerbangan Perdana AirAsia Indonesia Makau-Jakarta

Semarak! Penerbangan Perdana AirAsia Indonesia Makau-Jakarta
Pesawat AirAsia. ILUSTRASI. Foto: Dok. Tomy C. Gutomo/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Gebrakan Menteri Pariwisata Arief Yahya tentang air connectivity, terus membuahkan hasil. Semakin banyak daya angkut atau seats capacity yang bisa membawa wisatawan mancanegara ke Indonesia. Optimisme industri pariwisata pun, menjadi lebih meyakinkan.

Senin 7 Agustus 2017, tepatnya jam 12.20 WIB giliran Maskapai Penerbangan Air Asia yang mencatat sejarah. Air Asia untuk pertama kalinya meluncurkan rute penerbangan langsung terbarunya dari Makau, salah satu daerah administratif khusus Republik Rakyat Tiongkok menuju Jakarta.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, yang turut menyambut penerbangan perdana Makau-Jakarta terlihat sangat gembira.

"Selamat atas pembukaan rute AirAsia Indonesia ini, Terima kasih atas komitmennya untuk terus berinovasi. Kami akan terus mendukung AirAsia untuk terus mengembangkan rute dan slot untuk penerbangan internasional karena sejalan dengan visi dan misi kami untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pariwisata," kata Menhub Budi Karya.

Budi Karya juga menambahkan pihaknya juga telah meminta meminta Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II untuk memberikan insentif berupa potongan tarif untuk landing fee dan Passenger Service Charge (PSC) dalam waktu tertentu."Ini akan menjadi stimulus bagi AirAsia untuk terus mengembangkan rutenya di destinasi wisata di Indonesia," tukasnya.

Dalam penerbangan perdana ini, Air Asia membawa sebanyak 151 penumpang dari total 180 seats pesawat Air Asia bertipe Airbus A320-200 dengan kode penerbangan QZ 161. Sebelumnya, dengan pesawat yang sama dengan kode penerbangan QZ 650 membawa 162 penumpang telah mendarat di Macau International Airport.

Saat mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pesawat Airbus A320-200 disambut secara meriah dengan water canon salute. Dan saat penumpang mulai turun dari tangga pesawat, tarian tradisional khas Betawi turut menyambutnya.

"Penerbangan langsung ini merupakan rute kelima setelah Penang, Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur dari Jakarta. Penerbangan ini (Jakarta - Makau) merupakan satu-satunya penerbangan langsung ke Makau," kata Dendy Kurniawan Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group untuk Indonesia.

Gebrakan Menteri Pariwisata Arief Yahya tentang air connectivity, terus membuahkan hasil. Semakin banyak daya angkut atau seats capacity yang bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News