Semut Memiliki Penciuman Terbaik di Dunia Serangga

Semut Memiliki Penciuman Terbaik di Dunia Serangga
Semut Memiliki Penciuman Terbaik di Dunia Serangga
TENNESSEE - Para peneliti telah lama mengetahui bahwa semut hidup di beberapa struktur sosial yang paling kompleks dalam kehidupan binatang. Dengan pembagian kerja dan komunikasi antarindividu dan kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks, penyebab adanya struktur kompleks tersebut dimungkinkan karena adanya peningkatan jumlah bau tertentu yang dapat dibedakan oleh inderanya.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Lawrence Zwiebel dan tim risetnya di Vanderbilt, Tennessee, Amerika Serikat. Mereka baru saja menyelesaikan pemetaan penuh pertama kalinya dari sistem penciuman semut. Hasilnya, semut memiliki reseptor bau empat sampai lima kali lebih banyak daripada kebanyakan serangga lainnya.

Hal ini membuat semut memiliki kemampuan indera dengan rasa dan bau. Menurut mereka, serangga memiliki gen yang membuat sekitar 400 reseptor bau berbeda, yaitu protein khusus mendeteksi bau yang berbeda. Sebagai perbandingan, ngengat sutra memiliki reseptor bau 52 , lalat buah memiliki 61, nyamuk sekitar 74-158 dan lebah madu memiliki 174.

"Saat yang paling menarik bagi saya adalah ketika analisis itu kembali menunjukkan bahwa kami telah mengidentifikasi lebih dari 400 OR gen , jumlah terbesar dari setiap spesies serangga yang dikenal," kata Xiaofan Zhou, ketua asosiasi penelitian seperti dilansir redorbit.

TENNESSEE - Para peneliti telah lama mengetahui bahwa semut hidup di beberapa struktur sosial yang paling kompleks dalam kehidupan binatang. Dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News