Senator Filep Minta LNG Tangguh Konsisten Jalankan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Senator Filep Minta LNG Tangguh Konsisten Jalankan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Anggota DPD RI Filep Wamafma. Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Filep Wamafma memberikan tanggapan atas respon BP Indonesia/LNG Tanggung terkait kondisi kerusakan SD YPK Serito di Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni.

Filep menyampaikan apresiasi kepada LNG Tangguh Bintuni yang telah memberikan respon atas permasalahan yang ada di tengah masyarakat Distrik Sumuri.

“Kami apresiasi LNG (BP) Tangguh yang merespons problem yang kami temukan di masyarakat. Tentunya sebagai wakil rakyat dan sebagai wakil daerah, kami melihat membangun Papua, khususnya Papua Barat tidak hanya dibutuhkan peran pemerintah daerah, tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk pihak perusahaan,” kata Filep, Kamis (16/9).

Atas respon LNG (BP) Tangguh, Senator Papua Barat ini mengingatkan perusahaan jangan lupa bahwa perpindahan masyarakat dari Kampung Tanah Merah Distrik Sumuri akibat dari pengelolaan kampung halaman mereka sebagai tempat pembangunan kilang gas alam cair milik LNG (BP) Tangguh.

Menurutnya, tanggung jawab sosial terhadap masyarakat tetap melekat dan berkelanjutan selama perusahaan masih terus beroperasi.

“Pemerintah daerah Bintuni juga telah melakukan banyak hal dalam menyelesaikan persoalan mendasar termasuk persoalan pendidikan. Karena itu LNG Tangguh juga tidak boleh melepas tangan dan memberikan bertanggung jawab kepada pemerintah daerah semata," kata Filep.

Dia menegaskan, sepanjang BP masih beroperasi di Teluk Bintuni, tanggung jawab sosial perusahaan tersebut harus konsisten dilakukan terhadap masyarakat telah dipindahkan dari kampung halamannya.

Wakil Ketua I DPD RI ini menekankan, LNG (BP) Tangguh harus konsisten dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya, seperti melalui skema Corporate Social Responsibility (CSR), sejalan dengan masyarakat pemilik hak ulayat yang telah rela meninggalkan kampung halamannya.

Senator Filep menyampaikan apresiasi kepada LNG Tangguh Bintuni yang telah memberikan respon atas permasalahan yang dialami masyarakat Distrik Sumuri.