Senator Kaltim Dukung Pembentukan Kabupaten Apau Kayan

Senator Kaltim Dukung Pembentukan Kabupaten Apau Kayan
Anggota DPD, Marthin Billa. Foto: Widayat/Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - MALINAU - Anggota DPD asal Kaltim, Marthin Billa memberi dukungan terhadap pemekaran Kabupaten Apau Kayan. Kencangnya keinginan dan tuntutan masyarakat  Apau Kayan  untuk menjadikan wilayah mereka sebagai daerah otonom baru (DOB) dinilai Marthin Billa sangat wajar.

“Keinginan itu sah-sah saja. Wajar sekali, apalagi  karena itu adalah daerah perbatasan. Itu wajar karena merupakan aspirasi masyarakat yang menginginkan daerah mereka dibangun,” kata Marthin Billa dilansir Radar Tarakan (Grup JPNN.com), Rabu (25/2).

Menurutnya, pemekaran Apau Kayan menjadi kabupaten dapat mempercepat pembangunan di wilayah tersebut. Karena pembangunan di sana akan lebih fokus.

"Masyarakat di sana kan lebih tahu persis apa yang dibutuhkan dan bagaimana harusnya dilakukan. Untuk persyaratan sekarang kan sudah mulai cukup. Kecamatan sudah cukup,” kata mantan Bupati Malinau itu.

Karena pemekaran merupakan suara bulat masyarakat, sambung Marthin Billa, maka harus ada pihak yang memperjuangkannya. Dia pun berharap tokoh-tokoh masyarakat yang selama ini bekerja untuk itu, terus mengupayakannya. Mulai dari pembentukan tim presidium kemudian melakukan kajian dan langkah-langkah lainnya.

“Kajian yang betul-betul harus dibuat. Silakan saja aspirasi itu diwujudkan. Nanti kalau aspirasi sudah semakin menguat akan dibentuk tim ke depan. Kemudian akan disampaikan sesuai prosedur,” ungkapnya.

Sebagai orang daerah yang sekarang duduk di DPD, Marthin menunggu hasil kerja tim terkait dengan pembentukan Kabupaten Apau Kayan itu masuk ke DPD.

“Sekarang memang belum disampaikan ke DPD karena tim pun kan  belum terbentuk,” terangnya.

MALINAU - Anggota DPD asal Kaltim, Marthin Billa memberi dukungan terhadap pemekaran Kabupaten Apau Kayan. Kencangnya keinginan dan tuntutan masyarakat 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News