Seniman Timor Leste Angkat Masalah Kebebasan

Seniman Timor Leste Angkat Masalah Kebebasan
Seniman Timor Leste Angkat Masalah Kebebasan

Kawasan Fitzroy di Melbourne memiliki sejarah panjang dan cukup kaya dengan kebudayaan suku Aborigin. Fitzroy juga telah menjadi rumah bagi komunitas Sudan Selatan di kota Melbourne.

Mereka banyak tinggal di rumah susun 'Athreton Gardens Housing Estate', yang dimiliki dan dikelola pemerintah Australia.

Kini Fitzroy juga memiliki festival yang diberi nama 'Gertrude Street Projection Festival' (GSPF), festival seni visual dan cahaya yang diproyeksi ke sebagian gedung-gedung sepanjang jalan Gertrude, salah satu jalan utama di kawasan Fitzroy.

Festival ini sudah digelar selama 9 tahun. Khusus tahun ini, anggota dari komunitas Sudan Selatan dan komunitas Aborigin bekerja sama untuk memproduksi seni visual dalam bentuk video.

Video-video inilah yang diproyeksikan ke sejumlah dinding gedung-gedung, termasuk gedung restoran, kafe, dan butik-butik yang banyak ditemui di sepanjang jalan Gertrude.

Tapi, artis-artis yang terlibat tidak hanya terbatas dari Australia saja.

Salah satunya adalah seniman Alfeo Sanches Pareira, asal Timor Leste. Seniman yang berbasis di Dili ini menampilkan karya seni visualnya yang diberi judul A Natural Resource Curse.

Karya seni dalam bentuk animasinya ini ingin mengangkat tema ketidak kuatan, korupsi, dan ketidakadilan, serta konflik-konflik yang masih mencengkram negaranya.

Kawasan Fitzroy di Melbourne memiliki sejarah panjang dan cukup kaya dengan kebudayaan suku Aborigin. Fitzroy juga telah menjadi rumah bagi komunitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News