Sepak Terjang Pentolan KKB Demius Magayang yang Tertembak di Dekai, Ternyata

Sepak Terjang Pentolan KKB Demius Magayang yang Tertembak di Dekai, Ternyata
Evakuasi anggota KKB Temianus dari Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Minggu (28/11) ke Sentani guna dirawat di RS Bhayangkara, Jayapura terkait luka tembak yang dialaminya. ANTARA/HO/Humas Polda Papua

jpnn.com, JAYAPURA - Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo Demius Magayang alias Temius Magayang dievakuasi ke Jayapura, Minggu (28/11), untuk mendapatkan perawatan setelah tertembak saat penangkapan.

Demius Magayang ditangkap tim gabungan Satgas Operasi Nemangkawi bersama Polres Yahukimo, di Distrik Dekai, Sabtu (27/11). Saat penangkapan, pentolan KKB itu bersama tiga rekannya membawa sepucuk senjata api rakitan dengan delapan peluru.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal, Demius dirawat di RS Bhayangkara Jayapura, Papua. Sejauh ini kondisinya stabil.

"Demius Magayang tertembak karena melawan saat hendak ditangkap. Dia diterbangkan ke Jayapura untuk mendapat perawatan," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura.

Perwira menengah itu lantas membeberkan sepak terjang Demianus yang sebelumnya masuk daftar pencarian orang (DPO) akibat terlibat berbagai kasus pembunuhan di wilayah Polres Yahukimo.

Menurut Kamal, Demianus tercatat terlibat dalam 12 kasus kekerasan hingga pembunuhan yang terjadi sejak 2020. Antara lain, membunuh staf KPU Yahukimo Hendrik Jovinski pada 11 Agustus 2020.

Demianus juga terlibat pembunuhan dua prajurit TNI dari Yonif Linud 432 Kostrad dan merampas senjata api yang dibawa korban.

Kasus lainnya, yaitu pembunuhan karyawan PT Indo Papua tanggal 22 Agustus 2021.

Kombes Ahmad Mustofa Kamal membeberkan sepak terjang pentolan KKB Demius Magayang yang tertembak oleh Satgas Nemangkawi di Dekai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News