Sepanjang Tahun Ini Sudah Ada 105 Pasien Kena Wabah Hepatitis B

Sepanjang Tahun Ini Sudah Ada 105 Pasien Kena Wabah Hepatitis B
Pasien hepatitis di rumah sakit. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, MAGETAN - Penyakit hepatitis A sedang mewabah di sejumlah wilayah di Jatim. Tetapi, di Magetan justru penyakit hepatitis B yang harus diwaspadai.

Sebab, sepanjang 2019, sudah ada 105 pasien hepatitis B yang dirawat di RSUD dr Sayidiman.

Bupati Magetan Suprawoto yang dilapori soal kasus itu langsung mengambil sikap. Dia menyerukan gerakan hidup bersih dan sehat kepada seluruh masyarakat.

Termasuk mengimbau warga agar menjauhi tempat prostitusi dan warung remang-remang. "Kami berikan edukasi kepada warga melalui media dan tokoh-tokoh masyarakat," katanya.

BACA JUGA : Waspada, Wabah Hepatitis Sudah Menyerang Wilayah Ini

Penyakit hepatitis disebabkan virus yang menyerang fungsi hati. Hepatitis B dapat ditularkan melalui darah atau serum (bagian cairan darah) yang mengandung virus.

Selain itu, penyakit tersebut bisa menular melalui kontak seksual, donor darah, jarum suntik yang terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi, dan transfusi darah.

Ibu hamil yang positif hepatitis B juga bisa menularkan infeksi kepada bayinya. Infeksi juga dapat ditularkan dari tato, tindik, pisau cukur, dan sikat gigi (jika ada kontaminasi dengan darah yang terinfeksi).

Bupati menyerukan gerakan hidup bersih dan sehat kepada seluruh masyarakat untuk menghindari wabah hepatitis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News