Sepeda Nusantara Bandung: Bangun dan Satukan Indonesia

Sepeda Nusantara Bandung: Bangun dan Satukan Indonesia
Suasana start Sepeda Nusantara Bandung di Plaza Bandung. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Kegiatan Sepeda Nusantara 2018 yang sudah memasuki ke etape ke-94 digelar di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (28/10).

Sekitar 2.500 warga turut mengikuti program unggulan Kemenpora ini. Sepeda Nusantara Bandung dipusatkan di halaman Plaza Kota Bandung.

Tagline yang cukup menarik hadir dari Bandung, di mana bukan hanya "Bangun Indonesia, tapi juga "Satukan Indonesia".

Sepeda Nusantara Bandung betepatan dengan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ini sengaja menempuh jarak 9,0 km. Jarak itu sebagai penanda bahwa HSP sudah memasuki tahun perayaan yang ke-90 pada 2018 ini.

Start dimulai dari Plaza Balai Kota Bandung degan rute melewati Jl. Asia Afrika-BKR-Ramdhan-Oto Iskandardinata- Jl.Sunda-Jl. RE Marthadinata-Jl.Perintis Kemerdekaan-Jl.Wastakuncana, dan kembali ke Plaza Balai Kota Bandung.

Hadir sekaligus memeriahkan Sepeda Nusantara yakni Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djunjunan, Walikota Bandung Oded Muhammad Danial, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Staf Ahli Kemenpora Syamsudin, dan pejabat di lingkungan Kota Bandung serta komunitas Germas (Gerakan Masyarakat Sehat).

"Anda adalah apa yang Anda makan. Anda katakan dan Anda dilakukan. Ini bagian dari apa yang Anda lakukan yakni berolahraga. Hidup kita akan sehat dengan olahraga. Salah satunya dengan bersepeda," kata Popong usai melepas pegowes Sepeda Nusantara.

Senada dengan Popong, Walikota Bandung, Oded mengatakan, program Sepeda Nusantara sangat penting dalam konteks sosial. Selain bisa menyehatkan masyarakat, Sepeda Nusantara juga bisa mengikat tali silaturahmi demi persatuan dan kesatuan. Apalagi event ini bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sepeda Nusantara 2018 masuk ke etape ke-94. Kali ini, kota yang didapuk untuk menyelenggarakan kegiatan ini adalah Bandung, yang digelar pada Minggu (28/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News