Sepekan jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Masih Irit Bicara

Sepekan jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Masih Irit Bicara
Mendikbud Nadiem Makarim saat hadir di rakor perdana Kemenko PMK. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim masih irit bicara kepada para wartawan. Padahal sudah sepekan lebih dia memimpin kemendikbud, sejak dilantik pada 23 Oktober 2019.

Berbeda dengan menteri lain seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, dan Menteri Riset Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro, yang langsung tancap gas usai pelantikan.

Hari ini (31/10), Menko PMK Muhadjir mengumpulkan para menteri di bawah koordinasinya untuk melakukan rapat membahas visi misi presiden. Nadiem hadir.

Nadiem Makarim memang saat sertijab meminta waktu 100 hari untuk belajar dan melakukan konsolidasi dengan internal maupun eksternal. Sayangnya, Nadiem terlalu irit bicara kepada wak media.

Ambil contoh pada puncak Bulan Bahasa 28 Oktober, Nadiem yang harusnya hadir memberikan sambutan, absen dan hanya mewakilkan Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (BPBP) Kemendikbud Dadang Sunendar. Padahal, para wartawan antusias meliput acara tersebut untuk doorstop menteri usia 35 tahun itu.

Kemudian pada 29 Oktober, acara Pembekalan Pancasila dan Wawasan Keindonesiaan dari Tokoh dan Pemimpin Nasional Indonesia di depan ratusan mahasiswa yang rencananya dihadiri Nadiem, ternyata bos GoJek itu juga tidak datang.

Meski pelit buka suara kepada media, Nadiem terus mengumpulkan seluruh stakeholder untuk mendengar. Di depan Menko PMK Muhadjir hari ini, Nadiem Makarim mengungkapkan, program prioritasnya adalah penguatan pendidikan karakter siswa.

Nadiem juga menyentil soal penggunaan anggaran yang harus dicek kembali. Dia juga menekankan pentingnya menggerakkan revolusi mental.

Mendikbud Nadiem Makarim masih irit bicara kepada awak media, meski sudah sepekan lebih menduduki jabatan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News