JPNN.com

Sepertinya Itu Bukan Kim Jong-un Asli, Ayo Cermati Perbandingan Fotonya

Rabu, 06 Mei 2020 – 23:35 WIB
Sepertinya Itu Bukan Kim Jong-un Asli, Ayo Cermati Perbandingan Fotonya - JPNN.com
Kolase foto dari Kim Jong-un yang diyakini asli dan palsu. Foto: Twitter/jenniferatntd

jpnn.com - Kemunculan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pada acara seremoni penyelesaian proyek pabrik pupuk di Suncheon, Jumat lalu (1/5) menyisakan pertanyaan. Ada pihak curiga yang muncul bukanlah Jong-un asli.

Foto-foto Jong-un yang dirilis kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) milik pemerintah Korut justru menimbulkan pertanyaan. Sebab, terdapat sejumlah perbedaan mencolok jika foto-foto di pabrik pupuk itu dibandingkan dengan potret Jong-un sebelumnya.

Aktivis hak asasi manusia (HAM) kelahiran Tiongkok yang kini bermukim di Amerika Serikat (AS) Jennifer Zeng termasuk yang punya kecurigaan soal itu. “Apakah Kim Jong-un yang muncul pada 1 Mei itu asli?” ujar Jennifer melalui akunnya di Twitter.

Jennifer juga mengunggah sejumlah foto Jong-un untuk mengajak pengikutnya di Twitter membuat komparasi. Ada perbedaan pada bentuk gigi, telinga dan rambut.

Dugaan tentang sosok mirip Jong-un sengaja ditampilkan di publik bukan hal mengagetkan. Sebelumnya para analis menyebut cara itu merupakan siasat yang biasa dilakukan Korut sebagai negeri tertutup.

Pada 2017, The SUN pernah merilis video Jong-un sedang berbicara dengan dua orang yang mirip dengan cucu pendiri Korut Kim Il-sung itu. Sosok yang mirip Jong-un itu mengenakan pakaian yang sama.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara