Sepertinya Pemberantasan Teroris Tak Bisa Hanya Dipasrahkan ke Polisi

Sepertinya Pemberantasan Teroris Tak Bisa Hanya Dipasrahkan ke Polisi
Anggota Komisi I DPR Andreas Pareira. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira yang membidangi pertahanan dan intelijen menyatakan, para pelaku teror makin nekat dalam beraksi dengan menyasar anggota Polri. Dugaannya, aksi itu bukan sekadar untuk menunjukan upaya perlawanan, tapi juga bertujuan melemahkan mental dan etos kerja aparat dalam menjaga keamanan negara.

"Ini merupakan modus terorisme yang serius," ujar Andreas, Sabtu (1/7).

Apalagi, lanjut Andreas, teror-teror itu selalu dekat dengan hari maupun peristiwa-peristiwa penting. Misalnya, menjelang Ramadan dan Idulfitri, maupun kunjungan Presiden Amerika Serikat ke 44 Barack Obama di Indonesia.

"Oleh karena itu tidak bisa tidak negara harus lebih serius menghadapi terorisme ini," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Dia menambahkan, aparat  keamanan harus dibekali peralatan kelengkapan yang lebih baik lagi. Termasuk membekali aparat dengan payung hukum yang memadai dan dukungan dari instansi lain.

Andreas berpendapat, pemberantasan terorisme tidak bisa dilakukan secara parsial dengan menjadikannya sebagai urusan Polri saja. Menurutnya harus ada pendekatan menyeluruh yang melibatkan banyak pemangku kepentingan.

"Kegentingan ini mengharuskan RUU Terorisme segera dirampungkan untuk memberikan tools bagi aparat negara melawan terorisme," kata anak buah Megawati Soekarnoputri di PDI Perjuangan itu.(boy/jpnn)


Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira yang membidangi pertahanan dan intelijen menyatakan, para pelaku teror makin nekat dalam beraksi dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News