Seratusan Perenang Membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter di Perairan Makassar

Seratusan Perenang Membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter di Perairan Makassar
Anggota komunitas perenang membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 78 meter di perairan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/8/2023), dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI. (ANTARA FOTO/Arnas Padda/hp)

jpnn.com - MAKASSAR - Seratusan perenang dari sejumlah komunitas membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 78 meter di wilayah perairan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/8). Pembentangan bendera Merah Putih ini dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia.

Para perenang dari Makassar Watersports Community dan klub-klub renang serta personel Kantor Pencarian dan Pertolongan dan Kepolisian Perairan berpartisipasi dalam kegiatan pembentangan bendera Merah Putih dari Dermaga Kayu Bangkoa, yang dilanjutkan dengan pengarakan bendera sampai ke Pulau Gusung.

"Jaraknya ini kalau lurus saja sekitar 1,8 kilometer, kalau berkelok-kelok itu kurang lebih dua kilometer," kata Pelda (Purnawirawan) Sudirman selaku inisiator kegiatan.

Menurut dia, kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 140 orang dengan rentang usia dari enam tahun sampai 74 tahun. 

"Kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan kita kepada tanah air, serta mempersatukan, dalam artian Bhineka Tunggal Ika. Jadi, komunitas kami ini terdiri dari berbagai etnis, suku, dan agama," katanya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar Mexianus Bekabel bangga anggotanya terlibat dalam kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan. "Kami bangga telah ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut," katanya.

Dia menambahkan anggota Basarnas menjadi bagian tim pengamanan dalam kegiatan itu. (antara/jpnn)

Seratusan perenang membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 78 meter di perairan Makassar, Sulawesi Selatan.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News