JPNN.com

Sering Mandi Malam Rentan Picu Serangan Jantung?

Jumat, 28 Juni 2019 – 04:31 WIB Sering Mandi Malam Rentan Picu Serangan Jantung? - JPNN.com

jpnn.com - Akibat kesibukan aktivitas sehari-hari dan waktu perjalanan yang kian lama akibat macet, sebagian orang semakin sering melewatkan mandi sore. Atau malah menggantinya dengan mandi malam. Ada yang memakai air dingin, ada pula yang menggunakan air hangat. Sebagian orang menilai kebiasaan mandi malam bisa memicu serangan jantung.

Bagaimana fakta yang sesungguhnya? Benarkah mandi malam bisa memicu serangan jantung? Atau ada kondisi lain yang membuat serangan jantung mudah terjadi pada mereka yang sering mandi malam?

Mandi malam dan serangan jantung, ada korelasinya?
Anggapan tersebut langsung dibantah oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

"Mandi malam tidak memicu serangan jantung. Tapi memang kalau Anda terlalu sering mandi malam, itu juga tidak baik untuk tubuh. Suhu pada malam hari cenderung dingin. Nah, pada malam hari tubuh seharusnya sudah harus beristirahat, bukannya masih beraktivitas,” jelas dr. Sepriani.

Jadi, tidak benar bahwa kebiasaan mandi pada malam hari bisa membuat pelakunya rentan terkena serangan jantung. Meski demikian, agar lebih aman Anda dianjurkan untuk mandi dengan air hangat.

BACA JUGA: Di Selandia Baru, Rokok Elektrik jadi Solusi Berhenti Merokok

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, mandi dengan air hangat pada malam hari bisa membantu Anda untuk tidur dengan lebih cepat. Setelah mandi, Anda jadi lebih relaks, melemaskan otot yang tegang, yang pada akhirnya Anda lebih cepat terlelap.

Bukan mandi malam, tapi inilah faktor risiko serangan jantung

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...