Serunya Bermain Congklak Online, Begini Cara Mainnya

Serunya Bermain Congklak Online, Begini Cara Mainnya
Serunya Bermain Congklak Online. Foto: Higgs Domino Island

jpnn.com, JAKARTA - Congklak adalah salah satu permainan tradisional dari Indonesia. Dahulu permainan ini dilakukan dengan menggunakan papan dan biji congklak atau kerang-kerangan.

Namun, seiring berjalannya teknologi, gim ini sudah tidak lagi menggunakan medium fisik dan sekarang sudah berpindah untuk dimainkan lewat aplikasi permainan di smartphone.

Salah satu gim online yang ada permainan tradisional ini ialah Higgs Domino Island. Versi tradisional dan di gim online itu tidaklah berbeda jauh.

Dalam versi Higgs Domino, perpindahan biji congklak dilakukan secara otomatis. Gim diawali dengan pemilihan tim yang terdiri dari tim biji congklak hijau dan merah.

Permainan ini dilakukan oleh dua orang, pada awal permainan kalian akan melihat papan dengan 16 lubang yang terdiri dari 14 lubang kecil dan 2 lubang besar.

Setiap lubang kecil diisi oleh biji congklak sebanyak 7 per lubangnya. Salah satu orang akan memulai permainan dengan memilih lubang yang akan diambil dan dan meletakan satu biji ke setiap lubang sebelah kanannya.

Hal ini terus dilakukan secara berlawanan arah jarum jam. Bila biji congklak di tangan telah habis dan berhenti pada lubang yang kecil tetapi lubang tersebut memiliki isi, pemain boleh mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi.

Namun, jika habis pada lubang besar miliknya maka dia boleh melanjutkan mengisi dengan memilih lubang kecil di sebelahnya.

Permainan tradisional congklak kini bisa dimainkan secara online. Begini cara mainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News