Sesjen MPR Ajak Wanita Syarikat Islam Jaga Jati Diri Bangsa

Sesjen MPR Ajak Wanita Syarikat Islam Jaga Jati Diri Bangsa
Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono bersama tokoh wanita Syarikat Islam Provinsi Sulawesi Selatan di Aula Balai Kota Makassar, Jumat (10/8/2018). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, MAKASSAR - Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR Dr. Ma’ruf Cahyono, SH., MH., menggugah kesadaran perempuan yang tergabung dalam organisasi Wanita Syarikat Islam (WSI) Provinsi Sulawesi Selatan untuk merawat dan menjaga jati diri bangsa, yang tak lain adalah Pancasila.

Ma’ruf Cahyono menyampaikan hal itu di depan sekitar 260 orang tokoh WSI Provinsi Sulawesi Selatan di Aula Balai Kota Makassar, Jumat siang (10/8/2018).

“Dalam hal Empat Pilar saya lebih suka menggunakan istilah menyegarkan kembali daripada sosialisasi,” ujar penyandang gelar doktor dalam Ilmu Hukum ini.

Sesjen MPR Ajak Wanita Syarikat Islam Jaga Jati Diri Bangsa

Ma’ruf menjelasakan alasannya lebih suka menggunakan istilah menyegarkan. “Karena pada dasarnya jati diri bangsa itu sudah ada di dalam diri kita sejak kecil yang diajarkan lewat pendidikan di sekolah,” ungkapnya yang mengawali ceramahnya dengan membacakan puisi “Ini Indonesia,” sebuah puisi yang bercerita tentang Ke-Indonesia-an.

Menurutnya, Indonesia kita adalah jatid iri kita. Jati diri kita adalah Pancasila. Oleh karena itu, menurut Ma’ruf, kita perlu menyampaikan pesan tentang jati diri bangsa seperti yang terkandung dalam lima sila Pamcasila.

“Kita punya nilai-nilai yang bagus, karenanya perlu dirawat dan dijaga,” ujar Ma’ruf seraya menjelaskan jati diri bangsa sebagaimana terkandung dalam lima sila Pancasila.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh MPR untuk merawat dan menjaga jati diri bangsa adalah melalui sosialisasi Empat Pikar. Kali ini yang menjadi sasaran kelompok Wanita Syarikat Islam.

Sesjen MPR menggugah kesadaran perempuan yang tergabung dalam organisasi Wanita Syarikat Islam (WSI) Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjaga jadi diri bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News