Sesuai Situasi di Lapangan, Gagasan Anies soal Pertanian Didukung Mahasiswa UGM

Sesuai Situasi di Lapangan, Gagasan Anies soal Pertanian Didukung Mahasiswa UGM
Tika (kiri) dan Laras, mahasiswa Fakultas Pertanian UGM yang ikut menyaksikan kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Grha Sabha Pramana UGM, di Yogyakarta, Selasa(19/9) malam. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, YOGYAKARTA - Gagasan Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan terkait perbaikan tata niaga dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi perhatian bagi Laras dan Tika, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada.

Anies memang berkesempatan memaparkan seluruh gagasannya melalui kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa(19/9).

“Saya amat tertarik pada gagasan Pak Anies terkait bidang pertanian, kami inginnya memang petani itu harus sejahtera, apalagi ini ke depan makin banyak (kalangan muda) yang gak mau jadi petani,” ungkap Laras

Laras mengaku dirinya pernah melakukan penelitian serupa dan menemukan kehidupan petani yang penuh dengan ketidakpastian, mulai dari masa tanam sampai panen yang hasilnya juga belum pasti apakah akan balik modal atau malah merugi dan berhutang.

Itu belum ditambah banyaknya konflik agraria terkait tanah-tanah yang diolah.

“Saya pernah ke lapangan dan berbicara langsung dengan para petani dan mereka memang sering mengalami konflik agraria serta tata niaga yang tidak baik, sama seperti yang disampaikan Pak Anies,” jelasnya

“Jadi kalau urusan tata niaga dan konflik pertanian gak diberesin takutnya kita malah krisis pangan,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Tika yang juga mahasiswa pertanian bahwa petani sekarang kesulitan dalam memperoleh kepastian akan produk-produk mereka, sehingga mereka jauh dari kata sejahtera.

Anies Baswedan berkesempatan memaparkan seluruh gagasannya melalui kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa(19/9)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News