JPNN.com

Setelah Diresmikan, Tol Pandaan – Malang Gratis 1 – 2 Minggu

Minggu, 12 Mei 2019 – 12:26 WIB Setelah Diresmikan, Tol Pandaan – Malang Gratis 1 – 2 Minggu - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi dipastikan akan meresmikan tol Pandaan - Malang seksi 1 sampai 3 pada Senin (13/5) besok. Kepastian itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

”Senin diresmikan, dari Pandaan sampai Singosari,” tegas Basuki di Jakarta seperti diberitakan Jawa Pos. Konstruksi seksi 1 hingga 3 sepanjang 31 kilometer telah rampung sepenuhnya pada awal 2019. Seksi 1 membentang sepanjang 15,5 kilometer dari Pandaan hingga Purwodadi.

Dilanjutkan dengan seksi 2 mulai Purwodadi hingga Lawang sepanjang 8 kilometer. Lalu, seksi 3 mulai Lawang hingga Singosari sepanjang 7,1 kilometer. Sedangkan seksi 4 mulai Singosari hingga Pakis dan seksi 5 dari Pakis hingga Malang, menurut Basuki, masih dikerjakan.

Dia menjelaskan, tol Pandaan–Malang seksi 1–3 sudah dinyatakan laik fungsi dan siap beroperasi. ”Yang sudah diresmikan pasti sudah oke. Yang fungsional pun standarnya harus sudah (perkerasan, Red) rigid. Bukan fungsional tanah lagi,” kata dia.

Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan–Malang (JPM) Agus Purnomo mengatakan, setelah peresmian, tol Pandaan–Malang akan beroperasi tanpa tarif alias gratis selama 1–2 minggu. Hal itu bentuk sosialisasi. Para pengendara bisa menjajal fasilitas tol yang baru tersebut.

BACA JUGA: Beda Jumlah Suara di Situng KPU dengan Rekapitulasi Manual

Agus menyebutkan, pihaknya mempertimbangkan opsi untuk menggunakan seksi 4 hingga 5 menjadi jalur fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran. Otomatis, pada periode puncak mudik dan balik alias akhir Mei dan awal Juni tol Pandaan–Malang sudah beroperasi.

Meski demikian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan, pemerintah tetap berharap ada diskon sebagaimana ruas-ruas baru tol trans-Jawa yang diresmikan Desember tahun lalu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...