Setelah IKN Pindah, Jakarta Siap Bersaing dengan Singapura dan Washington

Setelah IKN Pindah, Jakarta Siap Bersaing dengan Singapura dan Washington
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa pihaknya sudah menyusun road map pembangunan Jakarta setelah IKN pindah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, pihaknya telah menyusun road map pembangunan untuk 2022 hingga 2026.

Dia menjelaskan penyusunan road map ini merupakan tindak lanjut pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Road tersebut bakal menjadikan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global atau internasional.

Jakarta tidak hanya menjadi pusat di Indonesia, tetapi juga dunia.

“Jakarta bisa berada di dalam orbit kota metropolitan dunia. Saingan Jakarta bukan lagi kota lain di Indonesia, melainkan Singapura, Kuala Lumpur, Washington, Sidney, dan lain-lain,” ucapnya dalam diskusi virtual, Rabu (23/3) malam.

Setelah keputusan pemindahan ibu kota, mantan anggota DPR RI ini meminta warga tidak khawatir karena Jakarta tetap menjadi kota besar yang dikunjungi wisatawan lokal dan internasional.

Hal ini akan meningkatkan kontribusi produk domestik bruto (PDB) nasional.

"Pemindahan ibu kota negara sebenernya bisa dibaca sebagai peluang besar bagi Jakarta untuk memegang peran penting, terutama sebagai pusat ekonomi dan bisnis, baik skala nasional dan global," ucapnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria telah menyusun road map pembangunan untuk 2022 hingga 2026

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News