Sewa Pemondokan Haji Naik, Kisaran 30 -100 Persen

Sewa Pemondokan Haji Naik, Kisaran 30 -100 Persen
Sewa Pemondokan Haji Naik, Kisaran 30 -100 Persen
JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) cukup terkejut saat mengetahui harga sewa pemondokan haji 2012 di Arab Saudi mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Kenaikan sewa itu dalam kisaran 30 – 100 persen dari harga tahun lalu.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) menjelaskan, kenaikan harga sewa pemondokan itu memang sangat mengganggu kepentingan jamaah haji. Apalagi kenaikan itu terjadi pada semua daerah yang biasa digunakan sebagai lokasi pemondokan.

”Kenaikan paling tinggi mencapai 100 persen dari harga sewa tahun lalu terjadi pada kota Mekah. Pemondokan di sekitar itu tidak ada lagi yang murah,” ujarnya dalam keterangan resminya di Jakarta kemarin.

Menag mengetahui kenaikan itu setelah bersama sejumlah pejabat Kemenag melakukan kunjugan ke Arab Saudi. Agenda kegiatan itu difokuskan pada persiapan haji 2012. Dalam kunjungan tersebut, menemukan berbagai persoalan penting, terutama pada pemondokan yang kenaikan harganya tidak terkontrol. Pemerintah setempat sepertinya membiarkan kenaikan terjadi tanpa aturan.

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) cukup terkejut saat mengetahui harga sewa pemondokan haji 2012 di Arab Saudi mengalami kenaikan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News