Shell Meluncurkan Skenario Agar Indonesia Mencapai Target NZE Pada 2060

Shell Meluncurkan Skenario Agar Indonesia Mencapai Target NZE Pada 2060
Peluncuran Scenarios Sketch Indonesia (Indonesia Sketch) berjudul "Transisi menuju masa depan energi yang berkesinambungan dan inklusif" untuk mencapai target net-zero emissions. Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Shell meluncurkan Scenarios Sketch Indonesia (Indonesia Sketch) berjudul "Transisi menuju masa depan energi yang berkesinambungan dan inklusif" di Jakarta.

Laporan itu memaparkan peta jalan yang dapat ditempuh Indonesia untuk mencapai target net-zero emissions atau NZE 2060.

Chief Economist Shell Mallika Ishwaran mengatakan upaya tersebut dilakukan dengan tetap memastikan pasokan energi yang terjangkau dan aman untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi selama transisi.

"Di Indonesia, sektor energi telah diidentifikasi sebagai penyumbang utama emisi kedua setelah pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan lainnya," ujar Mallika di acara peluncuran Skenario Peta Jalan Indonesia mencapai target NZE.

Menurut Mallika, peta jalan dekarbonisasi untuk perekonomian dan industri Indonesia diuraikan dalam Indonesia Sketch, di mana melibatkan adopsi dan implementasi elektron rendah karbon yang lebih besar dan solusi energi rendah karbon bioenergi.

Mallika menjelaskan pada bioenergi, biofuel dapat mencapai hingga 60 persen dari keseluruhan bahan bakar cair, untuk menggantikan minyak dalam jumlah besar dan untuk mendukung dekarbonisasi sektor yang sulit untuk dielektrifikasi seperti sektor penerbangan dan industri kimia.

"Peta jalan untuk mencapai target net-zero emissions di Indonesia akan membutuhkan kerja sama signifikan antara pemerintah dan badan usaha agar aspirasi pada 2060 tersebut dapat terwujud," kata Mallika.

Sebagai contoh, pengembangan pasokan biofuel generasi kedua dan termutakhir dalam jangka panjang akan sangat penting untuk meminimalkan dampak pada produksi pangan dan lingkungan yang lebih luas.

Shell meluncurkan Scenarios Sketch Indonesia (Indonesia Sketch) berjudul Transisi menuju masa depan energi yang berkesinambungan dan inklusif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News