Shimano Pamer XTR Di2 dan Group Set E-Bike

Shimano Pamer XTR Di2 dan Group Set E-Bike
MUTAKHIR: Tim Shimano menjelaskan cara kerja XTR Di2 kepada pengunjung Eurobike 2014. Tri Mujoko Bayuaji/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - TEKNOLOGI electronic shifting memang bukan ’’mainan baru’’ bagi Shimano. Produsen komponen sepeda asal Asia itu memperkenalkan sistem perpindahan gir untuk sepeda sejak 2009.

 

Laporan Tri Mujoko Bayuaji, Friederichshafen, Jerman
==========================================


Mengusung nama digital integrated intelligence (Di2), perangkat electronic itu sudah populer di kalangan para pencinta road bike. Namun, Shimano tidak cepat puas dengan kesuksesan menempelkan Di2 pada seri Dura Ace dan Ultegra karena hanya bisa dinikmati para pengguna road bike. Dengan konsep sedikit berbeda, mereka pun merancang teknologi Di2 untuk jenis sepeda gunung (MTB).

Mei lalu, lahirlah Shimano XTR Di2 yang siap memberikan sentuhan teknologi elektronik pada sepeda-sepeda off-road. Produk itu pula yang mampu menyedot banyak perhatian saat dipajang di arena Eurobike 2014.

’’Kami menemukan teknologi ini untuk road bike sejak lima tahun lalu. Tentu kami senang bisa mengembangkan ini untuk medan off-road,’’ ujar Gregory Hildebrand, salah seorang brand manager Shimano untuk wilayah Eropa, kepada Jawa Pos.

Di booth mereka, Shimano sengaja memajang produk tersebut pada perangkat khusus agar bisa dicoba para pengunjung. Cukup dengan menyentuh tuas shifter pada mode yang bisa dipilih, FD atau RD langsung bergerak memindahkan posisi rantai pada gir. ’’Perpindahan itu berlangsung lebih cepat sehingga tidak banyak jeda waktu bagi cyclist untuk mengayuh kembali pedal sepedanya,’’ jelas Hildebrand.

Shimano juga menambahkan satu monitor kecil di handlebar yang berisi informasi daya tahan baterai, posisi gir, serta mode perpindahan yang sedang digunakan. Gregory mengklaim, sistem yang dikembangkan Shimano tergolong pintar sehingga FD dan RD bisa bekerja dalam satu tuas shifter, tidak seperti yang berlangsung selama ini.

TEKNOLOGI electronic shifting memang bukan ’’mainan baru’’ bagi Shimano. Produsen komponen sepeda asal Asia itu memperkenalkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News