Siap Mengudara Kembali, TransNusa Sukses Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta

Siap Mengudara Kembali, TransNusa Sukses Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta
Maskapai TransNusa. Foto dok TransNusa

jpnn.com, JAKARTA - Maskapai Transnusa melakukan proving flight dengan rute Bandara Sokearno-Hatta (CGK), menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dengan pesawat Airbus A320 Neo PK-TLA, nomor penerbangan 8B 532.

Sebagai informasi, proving flight merupakan proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai dalam mengoperasikan pesawat udara di sejumlah rute yang diterbangi.

Ini juga merupakan bagian dari proses re-sertifikasi assessment dalam pemberian AOC (Air Operator Certificate), sebelum melakukan penerbangan komersial.

Penerbangan proving flight tersebut sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 09.40 WIB, setelah menjalani penerbangan selama 1 Jam 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta.

Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK) pada pukul 10.20 WIB dan mendarat di CGK pada pukul 11.45 WIB.

Proving flight kali ini dipimpin oleh Capt. Rio Charles Martinez yang didampingi Capt Pindonta Tarigan beserta awak kabin, serta pihak terkait dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), sebagai assessor.

“Kesuksesan proving flight ini merupakan milestone dari proses re-sertifikasi AOC sebelum akhirnya TransNusa beroperasi kembali dengan armada pesawat dan rute-rute yang baru,” ujar Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto.

Sekretaris Jenderla Indonesia National Air Carriers Associtaion INACA ini menambahkan, setelah proving flight dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Yogyakarta International Airort (YIA), akan dilanjutkan ke Bandara Eltari Kupang (KOE), serta bandara-bandara lainnya.

Maskapai Transnusa melakukan proving flight dengan rute Bandara Sokearno-Hatta (CGK), menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News