Siap-siap, Volume Kendaraan di GT Cikarang Utama Bakal Melonjak

Siap-siap, Volume Kendaraan di GT Cikarang Utama Bakal Melonjak
Kemacetan di jalan tol. Foto: Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lebih dari 93 ribu kendaraan diperkirakan akan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada puncak Libur Hari Raya Idul Adha 1438 H, yang jatuh pada hari ini, Kamis (31/8).

Peningkatan juga diperkirakan akan terjadi pada beberapa ruas seperti di Jalan Tol Jagorawi, Cipularang dan Padaleunyi.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, perseroan memprediksi volume lalu lintas yang akan keluar dari Jakarta pada Libur Hari Raya Idul Adha 1438 H akan meningkat, namun tidak signifikan.

“Peningkatan pada GT Cikarang Utama arah Cikampek diperkirakan mencapai 93 ribu kendaraan pada puncak arus mudik atau meningkat sebesar 19 persen dari lalu lintas normal sebesar 77 ribu kendaraan,” ujar Heru dalam siaran persnya.

Jasa Marga juga telah mengidentifikasi beberapa lokasi yang berpotensi terjadinya kepadatan lalu lintas, di antaranya pada Simpang Susun Cikunir, Rest Area GT Cikarang Utama untuk ruas Jakarta-Cikampek, GT Bogor dan GT Ciawi untuk ruas tol Jagorawi, GT Pasteur dan GT Cileunyi untk Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jasa Marga juga telah menyusun beberapa upaya antisipasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jalan. Beberapa tindakan antisipasi tersebut, di antaranya Pengendalian Beban Ruas Per Segmen.

“Jasa Marga akan melakukan pengalihan lalu lintas pada segmen lalu lintas yang padat ke jalur arteri berdasarkan informasi yang didapat dari alat ukur kepadatan/RTMS," jelasnya.

Kemudian pengaturan kendaraan seperti pengalihan lalu lintas ke GT Kalimalang 2 di saat terjadi kepadatan di SS Cikunir, pengalihan lalu lintas ke GT Cikarang Barat 3 dan masuk kembali ke GT Cikarang Barat 1 serta buka-tutup GT Cikarang Utama secara situasional berdasarkan diskresi kepolisian saat terjadi kepadatan setelah GT Cikarang Utama.

Lebih dari 93 ribu kendaraan diperkirakan akan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada puncak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News