Siapa Calon Lawan Bu Risma?

Siapa Calon Lawan Bu Risma?
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Enam parpol yang tergabung dalam Koalisi Majapahit mulai mengonkretkan mekanisme pendaftaran bakal calon wali kota-wakil wali kota Surabaya.

Mereka bahkan menyebut telah memiliki calon yang layak diadu dengan pasangan incumbent Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana.

”Hari ini (kemarin, Red) konsolidasi internal persiapan,” ujar Ketua DPC PKB Surabaya Syamsul Arifin. PKB adalah satu di antara enam parpol anggota Koalisi Majapahit. Lima lainnya adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Syamsul mengungkapkan, kemarin (21/7) ada pertemuan khusus di internal partai koalisi untuk membahas mekanisme pendaftaran pasangan calon. Sebelum Koalisi Majapahit memutuskan mengusung pasangan calon, tentu mereka harus menyamakan visi dan misi bersama.

Dia sekaligus menampik anggapan sebagian orang yang memandang Koalisi Majapahit hendak menjegal pilwali tahun ini. ”Siapa yang bilang (pilwali diundur) 2017? Kami sudah menyiapkan calon kok,” kata Syamsul.

Namun, pasangan calon yang akan diusung itu masih dirahasiakan. Mereka ingin memunculkan pasangan tersebut saat masa pendaftaran di KPU Surabaya. Yakni, pada 26–28 Juli. Tapi, bila dalam tiga hari itu hanya ada satu pasangan calon, pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari.

Tekad bersama dari Koalisi Majapahit itu sekaligus ingin menegaskan bahwa koalisi yang dideklarasikan pada 29 Mei tersebut benar-benar solid. Enam partai politik itu punya kekuatan yang begitu besar.

Total gabungan partai tersebut memiliki 29 kursi di DPRD Surabaya. Padahal, syarat untuk mengusung calon hanya 10 kursi. Bandingkan dengan PDIP yang hanya punya 15 kursi.

SURABAYA – Enam parpol yang tergabung dalam Koalisi Majapahit mulai mengonkretkan mekanisme pendaftaran bakal calon wali kota-wakil wali kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News