Siapa ya Kandidat Panglima TNI Memenuhi Faktor Penting ini?

Siapa ya Kandidat Panglima TNI Memenuhi Faktor Penting ini?
Ilustrasi - Sejumlah prajurit TNI melakukan persiapan jelang pameran alutsista TNI di kawasan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/10/2021). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kandidat panglima TNI pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang segera pensiun, dinilai penting memenuhi faktor penting, yakni loyalitas.

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi meyakini faktor loyalitas bakal menjadi pertimbangan utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memilih calon panglima TNI.

"Secara politik, saya kira kebutuhan presiden saat ini adalah sosok panglima yang memiliki loyalitas total, terutama untuk memuluskan agenda-agenda politik kenegaraan dan pemerintahan," ujar Khairul di Jakarta, Selasa (5/10).

Menurut dia, panglima TNI tidak boleh memiliki agenda sendiri di luar agenda politik negara, terlebih terkait politik kekuasaan.

Karena itu, presiden maupun DPR diharapkan tidak terjebak dalam pembangunan citra dan reputasi di ruang-ruang digital.

"Realitas yang ada harus dilihat secara jernih dan objektif," kata Khairul.

Pertimbangan lain, pentingnya menjaga kesetaraan posisi dan kesempatan bagi tiap matra, faktor usia, dan memperhatikan bentuk-bentuk ancaman potensial.

Dia menilai siapa pun yang menjadi panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto akan dihadapkan pada sejumlah tantangan besar.

Siapa ya dari kandidat panglima TNI yang ada memenuhi faktor sangat penting ini?

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News