Siapkan Empat Mobil Running Teks untuk Memandu Pemudik

Siapkan Empat Mobil Running Teks untuk Memandu Pemudik
Siapkan Empat Mobil Running Teks untuk Memandu Pemudik

jpnn.com - SLAWI - Satlantas Polres Tegal menyiapkan empat kendaraan bermotor (KBM) bak terbuka yang dimodifikasi khusus dan dipasang running teks untuk memandu pemudik ketika harus melewati jalur alternatif saat arus lalu lintas krodit.

Kapolres Tegal AKBP Ribut Hari Wibowo SH SIK, melalui Kasat Lantas AKP Adhytia Warman Gautama Putra menyatakan, dengan keberadaan mobil running teks tersebut, dipandang akan memudahkan pengemudi untuk membaca dan mengetahui jalur mana yang nyaman dilalui, ketimbang harus memasang spanduk penunjuk arah.

”Keempat KBM running teks tersebut akan diposisikan di wilayah rawan krodit, misalnya Klonengan, Pantura, dan jalur tengah. Satu mobil akan di-stand by-kan di Mapolres untuk mendukung patroli keliling dan berhenti di areal yang mengalami krodit,” katanya Jumat (10/7).

Dia mengaku, luasnya wilayah kerjanya perlu adanya stressing wilayah dan mengatur strategi penempatan pasukan. ”Untuk kawasan rawan macet telah didirikan Pos Pam agar mudah mengatur arus. Selain itu ada Pos Yan (pelayanan) yang didukung unsur kesehatan, dishubkominfo, dan Pramuka,” tuturnya.

Dia tak menuturkan, area Pantura menjadi titik lelah pengemudi. Karena itu, pihaknya telah merancang pendirian rest area yang cukup representatif di dua titik, yakni di Suradadi dan kawasan SPBU Muri.

Dari hasil analisa, ada daerah rawan padat merayap dan macet saat puncak arus mudik dan balik Lebaran nanti. Lokasi empat petak jalan rawan macet itu terdeteksi di Pasar Suradadi, Pasar Banjaran, Pasar Margasari, dan perlintasan KA Karanganyar Desa Prupuk Selatan.

”Kami akan menempatkan personel secara proporsional di sana untuk menjalankan tugas pengaturan, penjagaan, sekaligus penempatan traffight con untuk memilah arus,” katanya.

Sementara itu, khusus mengantisipasi daerah rawan kriminalitas, Kapolres telah melakukan kajian pemetaan lokasi. Dimana daerah rawan kriminalitas itu sering terjadi di kawasan hutan jati Kecamatan Balapulang yang sepi dan kurang penerangan. ”Ini sangat rentan mengundang aksi penodongan dan perampasan,” ujarnya.

SLAWI - Satlantas Polres Tegal menyiapkan empat kendaraan bermotor (KBM) bak terbuka yang dimodifikasi khusus dan dipasang running teks untuk memandu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News