Sikap Effendi Simbolon Cs Tolak BBM Naik, Diragukan

Sikap Effendi Simbolon Cs Tolak BBM Naik, Diragukan
Ray Rangkuti. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Sejumlah politisi PDI Perjuangan di DPR RI menyatakan penolakannya atas rencana pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun penolakan itu masih disangsikan oleh pengamat politik Ray Rangkuti.
    
Menurut Ray, sebagai pemimpin gerbong Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak sewajarnya PDIP akan bersikap sebagai oposisi dari pemerintahan Jokowi ini.  

“Saya kurang yakin mereka para politisi PDIP  akan berbeda pendapat sampai rapat paripurna nanti,” kata Ray kepada INDOPOS (Grup JPNN) di Jakarta, kemarin (5/11).
    
Seperti diketahui, di pekan ini tiga politisi PDIP, Effendi Simbolon, Maruarar Sirait, dan Rieke Diah Pitaloka dengan keras menyatakan penolakannya atas rencana pencabutan subsidi BBM oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Mereka menyatakan masih ada alternatif yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk menutupi defisit keuangan negara.
    
Menurut Ray, pernyataan yang dilontarkan oleh  ketiga politisi itu lebih terkesan pendapat pribadi sebagai anggota dewan. Bahkan, ia pun tidak menafikan adanya rumor bahwa ucapan ketiga politisi itu akibat kekecewaannya karena tidak dipilih jadi menteri oleh Jokowi-JK.
    
 “Mungkin ada unsur kekecewaan itu. Tapi juga karena memang PDIP belum mengumumkan sikap resmi. Jadi pendapat pribadi-pribadi masih dimungkinkan,” ujarnya.
    
Meski begitu, lanjut Ray, tidak sepantasnya jika sikap kritis ketiga kader PDIP ini karena dendam.

“Apalagi Maruarar yang dikenal sebagai  pendukung  tulus Jokowi, rasanya kurang pas mengambil sikap berbeda semata hanya karena sakit hati pada Jokowi yang tidak mengangkatnya sebagai menteri,” tuturnya. (dli)


Berita Selanjutnya:
KIS Tidak untuk Guru Honorer

JAKARTA - Sejumlah politisi PDI Perjuangan di DPR RI menyatakan penolakannya atas rencana pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk menaikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News