Sikap Ganjar Menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Dinilai Blunder untuk Diri Sendiri

Sikap Ganjar Menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Dinilai Blunder untuk Diri Sendiri
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung perhelatan Piala Dunia U-20 2023 digelar di Indonesia tanpa keikutsertaan Timnas Israel.

Menurut Ganjar, penolakan ini sesuai dengan amanat Bung Karno dalam mendukung kemerdekaan Palestina. 

Pengamat politik Ujang Komarudin berpendapat dan menilai pernyataan Ganjar tersebut sebagai pernyataan yang blunder.

Alih-alih ingin menaikkan elektoral dirinya namun justru mendapatkan kecaman dari komentar pedas netizen.

“Nah, sekarang Ganjar menolak gitu ya, maksudnya ingin dapat efek elektoral dari penolakan itu, tetapi fakta dan kenyataannya banyak komentar negatif terhadap Ganjar. Semestinya, posisi dia seperti Gubernur yang lain taat pada pemerintah pusat. Namun, penolakan Ganjar bertentangan dengan Jokowi,” ujar Ujang dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, tidak hanya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menolak penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melainkan juga ada Gubernur Bali I Wayan Koster yang turut menyatakan pernyataan serupa.

Ganjar meminta kepada panitia bersama dengan pihak terkait untuk mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tetap berjalan tanpa kehadiran timnas Israel di Indonesia.

Penolakan tersebut justru akan berdampak besar bagi perhelatan Piala Dunia U-20. Salah satunya yakni pembatalan drawing peserta Piala Dunia oleh FIFA.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung perhelatan Piala Dunia U-20 2023 digelar di Indonesia tanpa keikutsertaan Timnas Israel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News