Sikapi Era Digital Perpustakaan ACT Adaptasi Layanan

Sikapi Era Digital Perpustakaan ACT Adaptasi Layanan
Sikapi Era Digital Perpustakaan ACT Adaptasi Layanan

Selama lebih dari tiga tahun keuangan terakhir, jumlah benda yang dipinjam dari perpustakaan Canberra terus menurun

Satu-satunya perpustakaan yang masih beroperasi dengan baik adalah perusahaan di Gungahlin, dengan penduduk di pusat kota yang baru-baru ini booming.
Meskipun menurun, perpustakaan Canberra masih menghabiskan anggaran yang cukup besar, dimana $1.670.000 telah dihabiskan untuk membeli koleksi baru pada tahun keuangan terakhir.
Pengeluaran tahunan untuk membeli koleksi baru ini membuat mayoritas koleksi perpustakaan ini berusia kurang dari lima tahun.
Tapi dua tahun lalu, dengan meningkatnya era digital, anggaran ini diubah fokusnya untuk mengimplementasikan Borrowbox, layanan eBook, yang menghasilkan penurunan penggunaan anggaran membeli buku dalam bentuk buku fisik.

Direktur Perpustakaan ACT Vanessa Little mengatakan bahwa ini hanya salah satu cara agar layanan perpustakaan tetap relevan dalam lingkungan yang telah berubah.
"Perpustakaan muncul dari lembaga mekanik yang dibangun di sekitar Australia [dan] tempat-tempat lain sebagai cara mendidik masyarakat sehingga mereka bisa berpartisipasi dalam revolusi industri. Jadi orang-orang selalu menggunakan perpustakaan sebagai tempat untuk belajar," kata Little.
Perpustakaan ACT menjalankan program-program yang difokuskan pada kebutuhan masyarakat, termasuk CycleJam - sebuah program yang mengajarkan pengendara sepeda bagaimana memperbaiki dan menjaga sepeda motor mereka.
"Perpustakaan selalu tentang belajar seumur hidup atau pendidikan diri. Secara tradisional, pembelajaran ini dikeluarkan melalui buku. Tapi kita tahu bahwa orang tidak selalu belajar dengan membaca, orang belajar dengan melakukan dan mendengarkan dan menonton," kata Little.
Dia mengatakan, inisiatif itu juga berkaitan dengan upaya menangkap imajinasi generasi berikutnya.

Program seperti bercanda dan tertawa berhasil menarik keluarga muda dan bertujuan untuk mengajarkan kecintaan pada kegiatan mendongeng melalui tari dan lagu.
Tapi kalangan orang tua juga menyukai program populer ini juga, dimana Perpustakaan ACT berharap mereka juga dapat menemukan kembali kecintaaan pada perpustakaan lokal mereka.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini. Diterjemahkan pada pukul 19:39, 17/07/2016, oleh Iffah Nur Arifah.


Selama lebih dari tiga tahun keuangan terakhir, jumlah benda yang dipinjam dari perpustakaan Canberra terus menurunSatu-satunya perpustakaan yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News