Siklon Billy Menjauh, Waspada Cuaca Hari Ini Tak Bersahabat

Siklon Billy Menjauh, Waspada Cuaca Hari Ini Tak Bersahabat
BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini, Rabu (16/3). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat di sejumlah daerah pada Rabu (16/3).

Hal itu terjadi akibat Siklon Tropis Billy menjauhi wilayah Indonesia.

Dilansir dari BMKG.go,id, peningkatan kecepatan angin yang bisa terjadi akibat pertumbuhan awan hujan terjadi di Samudra Hindia barat daya Banten, saat siklon tropis tersebut menjauhi wilayah Indonesia.

"Ada sirkulasi siklonik yang juga bisa meningkatkan pertumbuhan awan hujan," beber BMKG.

Adapun sirkulasi siklonik terpantau di laut Jawa sebelah selatan Kalimantan di Papua Barat dan laut Arafuru dan membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Riau hingga Kepulauan Riau, dari Jambi hingga Bangka Belitung, dan dari Lampung hingga Selat Karimata.

Daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin juga terpantau di??? Jawa bagian barat, Jawa Timur hingga Jawa Tengah, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Sulawesi bagian tengah hingga Selat Makassar, Papua Barat, dan sekitar laut Arafuru.

"Kondisi tersebut meningkatkan potensi hujan di sejumlah daerah," tulis BMKG.

Menurut ikhtisar cuaca hari ini hujan lebat berpotensi turun di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini, Rabu (16/3). Sebagian besar wilayah berpotensi hujan hingga banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News